Efektifitas Problem Based Learning Berbantuan Edmodo Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Studi Pada Suhu Dan Kalor Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Tunas Bangsa Wanareja
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pemahaman konsep, motivasi, dan keterampilan berfikir kritis antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi Problem Based Learning berbantuan Edmodo dan siswa yang dibelajarkan dengan strategi Problem Based Learning, dalam meningkatkan prestasi belajar fisika. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan Pretest-Postest Control Group.
Populasi adalah seluruh siswa SMK Tunas Bangsa Wanareja tahun pelajaran 2014/2015. Sampel 52 siswa yang terbagi dalam dua kelas yang diambil sampel secara Cluster Sampling. Analisis data menggunakan Ancova. Pengumpulan data dilakukan berupa tes. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar fisika dan pemahaman konsep dengan tes butiran soal pilihan ganda, untuk mengetahui motivasi siswa dengan angket motivasi, dan untuk mengetahui keterampilan berfikir kritis dengan angket keterampilan berfikir kritis.Â
Hasil penelitian menujukkan bahwa Problem Based Learning berbantuan Edmodo efektif dalam meningkatkan prestasi belajar fisika. Selain itu, Problem Based Learning berbantuan Edmodo efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika, dan berpengaruh terhadap motivasi siswa untuk lebih tertarik terhadap pembelajaran fisika sehingga prestasi belajar fisika meningkat, serta berpengaruh terhadap keterampilan berfikir kritis siswa sehingga prestasi belajar fisika meningkat.
Â
Kata Kunci : Edmodo, Problem Based Learning, Prestasi Belajar Fisika, Motivasi, Pemahaman Konsep, Keterampilan Berfikir Kritis.
References
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI, Penerbit PT Rineka Cipta: Jakarta
Arends, R.I. 2004. Learning To Teach 6th ed. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Courts, B., & Tucker, J. (2012). Using Technology To Create A Dynamic Classroom Experience. Journal of College Teaching & Learning (TLC), 9(2), 121-128.
Dwi,I.M., Arif,H., Sentot.K. 2013. Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 9 (2013) 8-17. Universitas Negeri Malang, Indonesia
Fisher, Alex. 2007. Berfikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Penerbit Erlaagga.
Halliday, Resnick Resnick. 1999. Fisik Jilid 1 Edisi Ketiga. Jakarta : Erlangga
Halimi, K, Seridi, H, Faron-Zucker,C. (2011). SoLearn: A Social Learning Network. International Conference on Computational Aspects of Social Networks (CASoN). (Online).Available: (19 Februari 2014)
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Cipayung Ciputat: Gaung Persada
Kanginan, Marthin. 2007. Fisika untuk SMA kelas X. Jakarta: Erlangga.
Kerschenbaum, Steven. (2009). LMS Selection Best Practices (White paper).(Online). Available: http://www.trainingindustry.com/media/2068137/lmsselection_full.pdf (24 Pebruari 2014)
Kordesh, Richard S. (2000). Esperanza Familiar: A University-Community Partnership as a Social Learning Network. (Online). Available: http://www.huduser.org/periodicals/cityscpe/vol5num1/kordesh.pdf (20 Pebruari 2014)
Meltzer, D.E. 2002. The Relationship Between Mathmatics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physicis : A possible hiddin variable in diagnostoc in pretest score. American journal in physiscs vol 70 Page 1259-1268.
Nur, M. 2008. Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Metode Proyek Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. AGSAINS Indonesia Jurnalnya Guru IPA Nusantara. Volume: 01/Oktober 2008. p. 55-64
Nurhadi, Legawa.I.W. 2009. Penerapan metode Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII jurusan teknik komputer dan jaringan (TKJ) pada mata pelajaran IPS di SMKN Glagah Banyuwangi oleh Deka Candra Naingfala. S1 Program Studi Pendidikan Sejarah.
Purwoko dan Fendi. 2010. Fisika 1. Jakarta : Yudhistra.
Prawira,B,P. 2006. SPSS 13. Terapan Riset Satatistik Parametrik. Yogyakarta : Andi Offset.
Raymond A, Serway, etc. 2010. Fisika Untuk Sains dan Teknik Buku 2. Jakarta : Salemba Empat.
Rashty, David. E-LearningProcess Models. (Online). Available: http://www.addwise.com/articles/eLearning_Process_Models.pdf (20 February 2014)
Satoso, Singgih. 2009 Panduan Lengkap Menguasai SPSS dengan Statistik 17.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sardiman.2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Scott Kimberly S. 2014 A Multilevel Analysis of Problem-Based Learning Design Characteristics. The Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning. Volume 8
Stockley, Derek. (2003). E-learning Definition and Explanation. (Online). Available: http://derekstockley.com.au/elearning-definition.html (24 February 2014)
Trie,Kurniawan Dede. (2012). Metode Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Website pada Konsep Fluida untuk Meningkatkan Keterampilan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IX (Online). Available : http://repository.upi.edu/9010/ (25 February 2014 )
Subiyantoro,E, Nugraha,C. ,Ratih,C., Nosyrafil,R. , Puryanto, Saputra,H,. Priyadi, I. 2013. Buku Simulasi Digital Jilid 1. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Malang.
Sudirman. 2013. Fisika SMK Untuk Kelompok Teknologi dan Kesehatan. Jakarta : Balai Pustaka
Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo: Bandung.
Suratman.M, Kuniasih,L. 2014. Fisika 1 Untuk SMK/MAK Kelas X. Bandung: ARMICO
Suyanto. 2008. Mengenal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan di Rumah Sakit. Jogjakarta : Mitra Cendikia Jogjakarta
Syah, M. 2010. Pendidikan dengan Pendekatan Baru Psikologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tripler. 1998. Fisika untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Erlangga.
Young & Freedman, 2001. Fisika Univesitas. Edisi ke sepuluh. Jakarta: Erlangga.
Prosiding ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang.