Analisis Perancangan Anggaran Biaya Pembangunan Rumah Dinas Kepala Sekolah SD 01 Ngabang Sesuai dengan Permen Pupr No 1 Tahun 2022

  • Jepri Matias institut teknologi nasional yogyakarta
  • Sely Novita Sari
  • Anggi Hermawan institut teknologi nasional yogyakarta
Keywords: Pembangunan, Rumah Tinggal, Anggaran biaya, Analisis

Abstract

Rumah Dinas Sekolah SD Negeri 01 Ngabang didirikan pada tahun 1980. Kecamatan ngabang dapat dikategorikan sebagai daerah hujan dengan intensitas tinggi. Rumah dinas menjadi sarana pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Berfungsi sebagai rumah tempat tinggal dan sarana pembinaan keluarga serta menunjang pelaksanaan tugas pejabat atau pegawai negeri. Proses pembangunan akan dimulai dari tahapan perencanaan. Pada beberapa kasus proses pembangunan akan dimulai dari tahapan-tahapan yang lainnya sesuai situasi, kondisi dan tujuan proyek yang telah disepakati. Mencapai tujuan yang semaksimal mungkin, sistem pengawasannya berorientasi pada Pengawasan Mutu, Pengawasan Biaya, dan pengawasan waktu. Metode penelitian yang digunakan dalam penetian ini adalah metode penelitian deskriptif. Metode penelitian ini digunakan untuk memecahkan masalah dengan mengumpulkan data, klasifikasi, analisis, kesimpulan dan laporan. Dilakukan juga beberapa studi literatur dengan memanfaatkan analisa yang lebih mendalam yang diwujudkan dengan pengolahan data yang lebih fokus serta menyeluruh. Dari hasil analisa Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa biaya yang dibutuhkan untuk Pembangunan Rumah Dinas Kepala Sekolah SD Negeri 01 Ngabang Sesuai Dengan PERMEN PUPR No 1 Tahun 2022 adalah sebesar Rp. Rp 158.962.880,- (Seratus Lima Puluh Delapan Juta Sembilan Ratus Enam Puluh Dua Ribu Delapan Ratus Delapan Puluh Rupiah).

Published
2024-08-21
How to Cite
Matias, J., Sari, S. N., & Hermawan, A. (2024). Analisis Perancangan Anggaran Biaya Pembangunan Rumah Dinas Kepala Sekolah SD 01 Ngabang Sesuai dengan Permen Pupr No 1 Tahun 2022. 5TH CEEDRIMS 2024, 5(2), 170-177. Retrieved from //journal.itny.ac.id/index.php/CEEDRIMS/article/view/5024