RANCANG BANGUN PENGENDALI SUHU UNTUK RUANGAN BERBASIS LOGIKA FUZZY

  • Danang Kurniawan ITNY
  • Suyanta ITNY
  • Triehandayani ITNY

Abstrak

Faktor utama untuk menciptakan kenyamaan dalam beraktifitas di dalam ruangan adalah keadaan suhu dan kelembaban udara ruangan yang sesuai dengan standar SNI 03-6572-2001 bahwa syarat udara ruangan yang baik 180C – 280C. Suhu yang sesuai akan mempengaruhi kegiatan seseorang karena jika terlalu panas dan lembab dapat menurunkan kemampuan fisik tubuh dan menyebabkan keletihan terlalu dini sedangkan pada pada lingkungan yang dingin menyebabkan hilangnya fleksibilitas terhadap motorik tubuh yg disebabkan kekuan fisik tubuh. Untuk menjaga suhu dan kelembaban suatu ruangan agar berada pada nilau setpoint-nya perlu dilakukan pengaturan otomatis. Oleh karena itu tujuan penelitian ini merancang prototipe pengendali suhu dan kelembaban untuk ruangan menggunakan sistem pengendalian adaptif untuk laboratorium dengan kapasitas maksimal 8 orang.

Metode penelitian yang dilakukan adalah research and development (RnD) dengan pemodelan dan simulasi sistem terlebih dahulu menggunakan simulink pada matlab agar mempermudah dalam menganalisa sistem kendali suhu yang adaptif, selanjutnya dilakukan perancangan dalam bentuk prototipe pengendali suhu dan kelembaban menggunakan sensor PIR sebagai pendeteksi jumlah orang dan sensor DHT11 untuk mengetahui kelembaban ruangan. Prototipe yang dirancang diimplementasikan pada AC mini portable dan  menerapkan kendali fuzzy logic agar sistem lebih adaptif.

Hasil yang diperoleh adalah pengujian sensor PIR dan DHT11 berhasil direalisasikan dan sesuai dengan pemodelan dan simulasi sistem. Indikator keberhasilan prototipe dapat dilihat dari sistem yang dapat bekerja menyesuaikan kondisi jumlah orang dan kelembaban ruangan. Kondisi yang diuji pada prototip berdasarkan jumlah orang misalnya 0 orang dan 1-2 orang suhu yang terbaca 24,50C, jumlah orang 3-5 suhu yang terbaca 24,10C, jumlah orang 7-8 orang suhu yang terbaca 23,80C. Berdasarkan suhu yang terbaca menunjukkan bahwa masuk dalam standar SNI sehingga dapat dikatakan prototip yang dibangun bekerja dengan baik.

Diterbitkan
2023-10-02
Bagian
Articles