ANALISIS KUALITAS JARINGAN FIBER TO THE HOME (FTTH) BERBASIS GIGABIT PASSIVE OPTICAL NETWORK (GPON) PADA LAYANAN TRIPLE PLAY (3P) DI KIRANA GARDEN RESIDENCE YOGYAKARTA

  • Dani Setiawan ITNY
  • Oni Yuliani ITNY
  • Sudiana ITNY

Abstract

Teknologi komunikasi saat ini semakin berkembang seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap akses internet dengan kapasitas bandwidth yang besar. Layanan yang dibutuhkan tidak hanya layanan downstream saja, melainkan layanan upstream yang besar juga sangat dibutuhkan. Jaringan akses tembaga dinilai memiliki keterbatasan kapasitas bandwidth sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan layanan yang tidak hanya berupa suara, melainkan data dan video (triple play services, 3P). Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan analisa kualitas jaringan FTTH berbasis GPON di Kirana Garden Residence Yogyakarta.

Hasil perhitungan link power budget berdasarkan data pelanggan 1 sampai dengan pelanggan 20 memiliki nilai selisih redaman antar pelanggan relatif kecil, selisih nilai redaman yang dihasilkan dipengaruhi oleh panjang kabel dari STO hingga ke pelanggan, jumlah sambungan, hingga jumlah konektor. Panjang kabel yang digunakan berbeda-beda mulai dari yang terpendek hingga yang terpanjang, pelanggan ke 20 penggunaan kabel yang terpendek dengan jarak 3,41 km dengan nilai downtream 19,8848 dB dan upstream 20,1235 dB. Pelanggan ke 10 menggunakan kabel terpanjang yaitu 3,5 km dengan nilai downstream 19,994 dB, upstream 20,2600 dB. Jaringan FTTH untuk jalur wilayah Kirana Residence telah sesuai dengan standar ITU-T G.984 dan PT. Telkom.

Kata Kunci : bandwidth, downstream, upstream, link power budget

Published
2023-10-02