//journal.itny.ac.id/index.php/JMTE/issue/feed JMTE (Jurnal Mahasiswa Teknik Elektro) 2023-10-02T14:03:27+07:00 Ani Tjitra Handayani ani.tjitra@itny.ac.id Open Journal Systems <p>JMTE (Jurnal Mahasiswa Teknik Elektro) merupakan Jurnal Mahasiswa yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Elektro, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta</p> //journal.itny.ac.id/index.php/JMTE/article/view/2871 ALGORITMA GENETIKA UNTUK OPTIMASI RUTE JARINGAN SERAT OPTIS 2023-10-02T13:38:49+07:00 Bela Suyanti belasuyanti11@gmail.com Sugiarto sugiarto.kadiman@itny.co.id Oni Yuliani oniyuliani@itny.ac.id <p><strong>Abstrak</strong></p> <p><em>Perubahan jalur dan pengulangan pembangunan infrastruktur kerap terjadi pada proses pembangunan infrastruktur Fiber To The Home (FTTH) yang berbasis jaringan serat optik. Dengan jumlah permintaan pelanggan yang sering bertambah menyebabkan kerugian pada infrastruktur baik dari segi waktu dan biaya. Optimasi rute jaringan serat optis Fiber To The Home (FTTH) berbasis algoritma Genetika menjadi solusi alternatif. Model masalah dari optimasi rute tersebut merupakan menggunakan metode shareching sehingga dibentuk menjadi model TSP (Travel Salesman Problem). Keunggulan dari algoritma Genetika yaitu tidak harus terspesifikasi pada jenis parameter objeknya melainkan berpatokan pada parameter jumlah populasi, cross-over dan mutasi. Hasil simulasi optimasi rute jaringan serat optis dilakukan pada </em><em>15 titik koordinat (perumahan Telkom, Kota Poso, Sulawesi Tengah) </em><em>akan menghasilkan rute terbaik 1 13 11 6 10 8 5 12 9 7 4 2 14 3 15 dan jarak terpendek 241.0694 m pemasangan jaringan serat optis pada infrastruktur Fiber To The Home (FTTH), simulasi berbasis MATLAB Mfile.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>Kata kunci : Fiber To The Home, Algoritma Genetika, Travel Salesman Problem</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>Changes in paths and repetition of infrastructure development often occur in the Fiber To The Home (FTTH) infrastructure development process based on fiber optic networks. With the number of customer requests that often increase causing losses to the infrastructure both in terms of time and cost. The optimization of the Fiber To The Home (FTTH) fiber optic network route based on Genetic algorithms is an alternative solution. The problem model of the route optimization is using the sharing method so that it is formed into a TSP (Travel Salesman Problem) model. The advantage of the Genetic Algorithm is that it does not have to be specified on the type of object parameter but is based on the parameters of population size, cross-over and mutation. The simulation results of optimizing the optical fiber network route carried out at 15 coordinate points (Telkom housing, Poso City, Central Sulawesi) will produce the best route 1 13 11 6 10 8 5 12 9 7 4 2 14 3 15 and the shortest distance 241.0694, fiber optic network installation on the Fiber To The Home (FTTH) infrastructure, simulation based on MATLAB Mfile.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>Keywords: Fiber To The Home, Genetic Algorithm, Travel Salesman Problem</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> 2023-10-02T13:38:49+07:00 Copyright (c) 2023 JMTE (Jurnal Mahasiswa Teknik Elektro) //journal.itny.ac.id/index.php/JMTE/article/view/2870 SIMULASI KENDALI TORKA LANGSUNG PADA MOTOR INDUKSI 200HP 50HZ 2023-10-02T13:48:45+07:00 Yogi Sarwo Wibowo Sarwo Wibowo yogiswme@gmail.com Dr. Ir. Sugiarto,M.T. sugiarto.kadiman@itny.ac.id Mohammad Arsyad., ST. M.Kom. arsyad@itny.ac.id <p><em>Abstrak</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>Motor induksi merupakan mesin konversi dari listrik ke mekanik. Pada umumnya pengendalian kecepatan putar dilakukan pada tegangan masukannya. Akan tetapi kendali tersebut mempunyai beberapa kelemahan, yaitu sistem akan membangkitkan slip dan </em><em>kecepatan putar sistem akan menurun saat terjadi pembebanan lebih</em><em>. </em><em>Kelemahan dari sistem pengendalian tegangan ini dapat dihilangkan dengan menerapkan kendali pada torka rotor yang disebut kendali torka langsung. Skripsi ini akan dilakukan simulasi kendali kecepatan putar motor induksi dengan teori </em><em>Direct Torque Control (DTC).</em><em> Simulasi akan dilakukan menggunakan Matlab-simulink dengan menentukan nilai referensi kecepatan putar untuk mendapatkan respon performa motor induksi. Hasil simulasi </em><em>pada sistem kendali torka langsung pada motor induksi tiga fasa dengan metode Direct Torque Control (DTC) mempunyai respon yang baik. Berdasarkan gambar grafik dari hasil proses simulasi dengan Matlab-simulink pengendalian kecepatan putar motor induksi dengan metode DTC nilai aktual mendekati nilai referensinya dengan nilai magnituda yang tetap.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>Kata Kunci</em><em>: Motor Induksi, </em><em>Direct Torque Control (DTC), </em><em>Matlab-simulink</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>Abstract</em></p> <p><em>Induction motor is a machine that converts from electricity to mechanics. In general, rotational speed control is carried out at the input voltage. However, this control has several weaknesses, namely the system will generate slip and the rotational speed of the system will decrease when overloading occurs. The weakness of this voltage control system can be eliminated by applying a control on the rotor torque called direct torque control.</em></p> <p><em>This thesis will simulate the rotational speed control of an induction motor with the theory of Direct Torque Control (DTC). Simulation will be carried out using Matlab-simulink by determining the reference value for rotational speed to get the performance response of the induction motor.</em></p> <p><em>The simulation results on a direct torque control system on a three-phase induction motor with the Direct Torque Control (DTC) method have a good response. Based on the graphic image of the results of the simulation process with Matlab-simulink, controlling the rotational speed of the induction motor with the DTC method, the actual value approaches the reference value with a fixed magnitude value.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>Keywords: Induction Motor, Direct Torque Control (DTC), Matlab-simulink</em></p> 2023-10-02T13:48:45+07:00 Copyright (c) 2023 JMTE (Jurnal Mahasiswa Teknik Elektro) //journal.itny.ac.id/index.php/JMTE/article/view/2860 Water heater Pada Yacht 2023-10-02T13:52:27+07:00 Hery Jumianto exskenshu03@gmail.com <p><em>Various types of technology have been created by humans to make it easier for humans to do their jobs. As one of the developing technologies is technology in the field of temperature control with automation systems. The automation system can be used in water heaters for bathing needs. In the manufacture of this bath water heater uses heat energy generated by the heat of the lamp. The comfortable temperature for bathing is </em><em>38<sup>o</sup></em><em>C. However, a water heater system for heating is not enough, but a system that can also maintain the temperature automatically in the process is needed to keep it stable at the desired value. From the description above, the author took the initiative to make a water temperature stabilizer that was applied to a DC electric water heater.</em></p> <p><em>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; The purpose of this study was to determine how long it takes to reach a temperature of 38<sup>o</sup>C and be able to maintain a stable temperature well. The method of designing the tool by making hardware in the form of an electronic circuit that can function automatically to detect the temperature of the heating water and maintain the stability of the water temperature in the water heater automatically at the desired water temperature. The water temperature stabilizer that is applied to this water heater works very well. The average travel time that can be achieved from all tests is 3 minutes and 8 minutes. Although there is an increase in temperature in each experiment, this water temperature stabilizer reaches 40<sup>o</sup>C and 42<sup>o</sup>C. The increase is still below the predetermined significance level.</em></p> <p><em>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; The results of this study are in the form of a water temperature stabilizer design that can work very well and effectively even though it is felt that it takes quite a long time but it is in accordance with the program that has been previously arranged. The results of the temperature increase that occurred in the testing of the tool were still below the predetermined significance level so that this tool worked very well.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>Keywords : Water heater, Yacht</em></p> 2023-10-02T13:52:27+07:00 Copyright (c) 2023 JMTE (Jurnal Mahasiswa Teknik Elektro) //journal.itny.ac.id/index.php/JMTE/article/view/2837 EVALUASI KOORDINASI PEMUTUS (PMT) DENGAN RECLOSER (PBO) PADA PENYULANG 20 KV RAYON WONOGIRI 2023-10-02T14:00:41+07:00 Dwi Haryadi harry.dwi5@gmail.com <p>Kurangnya koordinasi antar peralatan proteksi pada JTM 20 kV menyebabkan kerugian,<br>baik dari sisi pelanggan maupun PLN. Kerugian tersebut merupakan dampak gangguan<br>permanen/temporer dan listrik padam. Kegagalan koordinasi PBO dengan PBO atau PMT dengan<br>PBO bisa disebabkan kesalahan setting waktu kerja relay ataupun karena faktor lama penggunan<br>piranti proteksi, sehingga terjadi pergeseran setingan waktu relay. Tujuan penelitian ini untuk<br>mengevaluasi piranti proteksi dari kesesuaian standar kerja yang ditentukan.<br>Metode penelitian dengan melakukan pengujian PBO pada penyulang Wonogiri 01. Hasil<br>pengujian dilakukan analisis kinerja piranti yaitu kerja koordinasi antara PBO 1 dengan PBO 2 dan<br>PMT dengan PBO 1. Dengan melakukan pembuatan grafik karakteristik dan memasukkan nilai<br>arus gangguan, maka diketahui kondisi PBO saat ini.<br>Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil uji peralatan pengaman yang terpasang di<br>sepanjang penyulang WNI 01 dapat bekerja sesuai dengan settingan. PBO bekerja dengan kurva<br>lambat, baik untuk gangguan fasa maupun gangguan tanah dan koordinasi antara PMT dengan<br>PBO masih bekerja dengan baik sampai dengan arus gangguan 2880 Ampere. Gangguan fasa di<br>atas 8 x Is (3.840 A), relay OCR memberikan perintah PMT untuk bekerja lebih dulu artinya<br>kondisi ini tidak terjadi koordinasi dengan baik.<br>Kata kunci : Evaluasi PBO, koordinasi PBO dan PMT</p> 2023-10-02T14:00:41+07:00 Copyright (c) 2023 JMTE (Jurnal Mahasiswa Teknik Elektro) //journal.itny.ac.id/index.php/JMTE/article/view/2828 ANALISA KEBUTUHAN KAPASITAS DAYA GARDU INDUK WONOGIRIBERDASARKAN PERTUMBUHAN BEBAN 10 TAHUN MENDATANG 2023-10-02T14:03:27+07:00 Sekarmaji Marjan marjanese1899@gmail.com <p>Pertumbuhan beban GI. Wonogiri rata – rata 6,2 %, kondisi di tahun 2020 bulan oktober<br>pembebanan GI. Wonogiri mencapai 79,7778 % terhadap kapasitas Gardu Induk khususnya pada<br>trafo 1. Hal tersebut menunjukkan bahwa kondisi pembebanan telah mencapai optimal. Tujuan<br>penelitian ini adalah menganalisis kemampuan dan kebutuhan GI. Wonogiri 10 tahun mendatang.<br>Metodologi yang dilakukan pengolahan data beban tahun 2016 sampai 2020. Metode<br>pertumbuhan beban regersi eksponensial untuk mencari nilai konstanta  dan menyelesaikan<br>pertumbuhan beban berdasarkan metode eksponensial. Metode ini didasarkan dari tren data beban.<br>Hasilnya bahwa Trafo I dengan nilai   0,129285 beban siang hari dan   0,126425<br>beban malam hari, Trafo I hanya dapat memenuhi kebutuhan beban sampai tahun 2023, sehingga<br>perlu tambahan 2 x 60 MVA agar mencapai tahun 2030. Trafo II dengan nilai   0,0474 beban<br>siang hari dan   0,050935 beban malam hari, hanya mampu memenuhi kebutuhan beban<br>sampai tahun 2026, sehingga perlu penambahan kapasitas daya sebesar 30 MVA. Adapun hasil<br>evaluasi kemampuan hantar arus penampang A3C 240 mm2 dan pada tahun 2030 arus tertinggi<br>yang mengalir pada penyulang 3 phasa sebesar 587,04 A, sehingga per phasanya sebesar 195,68 A,<br>maka penyulang wonogiri secara keseluruhan masih memenuhi persyaratan dalam kuat hantar<br>arusnya.<br>Kata kunci : Gardu Induk dan Kapasitas daya</p> 2023-10-02T14:03:27+07:00 Copyright (c) 2022 JMTE: Jurnal Mahasiswa Teknik Elektro