PERBANDINGAN KINERJA SISTEM MINIATUR SELUNCUR ES MENGGUNAKAN REFRIGERAN R22 DAN R290 (HIDROKARBON)

  • Ismail Wellid Politeknik Negeri Bandung
  • Yudi Prana Hikmat Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung.
  • Dini Faridah Refrigeration, Air Conditioning and Energy Engineering,National Chin-Yi University Of Technology (NCUT)

Abstract

Penelitian ini mengkaji kinerja sistem miniatur seluncur es menggunakan sistem refrigerasi kompresi uap yang menggunakan media transfer panas yang berbeda (refrigerant). Pada umumnya mesin menggunakan refrigeran HCFC-22 (R22) sebagai media transfer panas dalam sistemnya, sementara itu pada penelitian ini diusulkan mesin yang menggunakan refrigeran hidrokarbon (R290). Penelitian ini membandingkan kinerja sistem refrigerasi kompresi uap di arena seluncur es jika sistem menggunakan refrigerant R290 (MC22). Penggantian refrigerant ini dilakukan untuk memenuhi tujuan dari Protokol Montreal untuk menggantikan HCFC dalam peralatan pendingin yang ada, karena pengolahannya yang tidak ramah lingkungan. Beberapa parameter dipertimbangkan untuk meninjau kinerja sistem, yaitu: waktu pendinginan, COP, efisiensi, dan konsumsi energi sistem. Hasil penelitian menunjukkan COPactual dan COPcarnot pada sistem miniatur seluncur es menggunakan refrigeran hidrokarbon R290 memiliki nilai lebih besar dibandingkan sistem menggunakan R22. Dengan demikian, efisiensi sistem dapat meningkat sebesar 3,2%. Konsumsi energi dari sistem yang diusulkan dapat menghemat 5%. Berdasarkan percobaan dapat disimpulkan bahwa sistem miniatur seluncur es dengan refrigerant R290 dapat meningkatkan kinerja sistem, menghemat konsumsi energi, dan dapat menjadi salah satu solusi alternatif untuk mengurangi pemanasan global dan penipisan ozon yang disebabkan oleh aplikasi penggunaan refrigeran CFC.Kata kunci: mesin seluncur es, refrigerasi, sistem kompresi uap.

References

G. Teyssedou,R.Zmeureanu,D. Giguère, Thermal response of the concrete slab of an indoor ice rink, HVAC&R Research15(3) (2009) 509-523.

Frank Gonzalez. “IIHF ICE RINK GUIDE.” IIHF ICE RINK GUIDE, International Ice Hockey Federation, 2002, www.iihf.com/fileadmin/user_upload/PDF/Rink_Guide/IIHF_Ice_Rink_Guide_web_pdf.

ASHRAE, Ice rinks, in: ASHRAE Handbook-Fundamentals, American Society of Heating, Refrigerating, and Air-Conditioning Engineers Inc., Atlanta, Chapter 35 (2006).

Nowotny S., Gessese N., Environmental impact assessment of CFCS recycling technology and retrofitting of refrigeration machinery: 20th International Congress of Refrigeration,rntniF,Sydney, 1999.

Boyle, G. (1988), Australian refrigeration and air conditioning. Perth, W.A.:Technical Publication Trust.

Published
2018-11-24
How to Cite
Wellid, I., Hikmat, Y. P. and Faridah, D. (2018) “PERBANDINGAN KINERJA SISTEM MINIATUR SELUNCUR ES MENGGUNAKAN REFRIGERAN R22 DAN R290 (HIDROKARBON)”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/1051 (Accessed: 28March2024).