Implementasi Knowledge Management dengan Pendekatan Soft System Methodology (Studi Kasus: Kampung Marketer, Purbalingga)

  • Nur Chasanah Jurusan Teknik Informatika, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Pengetahuan menjadi aset yang penting bagi sebuah organisasi. Diperlukan adanya pengelolaan pengetahuan agar pengetahuan yang ada dapat diidentifikasikan dan dapat dipetakan sehingga dapat dengan mudah ditemukan ketika akan digunakan. Penelitian ini dilakukan untuk mengimplementasikan knowledge management pada Kampung Marketer, dimana pengetahuan menjadi faktor yang penting dan melibatkan banyak pelaku didalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan pengetahuan yang dapat dipetakan. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan Soft System Methodology dengan tahapan-tahapan yang disesuaikan dengan kebutuhan pemecahan masalah. Dalam tahapan penelitian ini terdapat gambaran visual mengenai situasi saat ini dan juga dilakukan analisis CATWOE terhadap pelaku-pelaku yang terlibat di dalam alur pengetahuan pada Kampung Marketer. Kemudian hasil akhirnya berupa gambaran desain konseptual yang menggambarkan alur pengetahuan yang ada pada Kampung Marketer yang melibatkan pelaku-pelaku yang ada pada proses alur pengetahuan tersebut. Desain konseptual yang digambarkan dalam bentuk database relational ini merupakan tulang punggung dari knowledge management system yang akan dibangun selanjutnya.Kata kunci: manajemen pengetahuan,soft system methodology, kampung marketerPengetahuan menjadi aset yang penting bagi sebuah organisasi. Diperlukan adanya pengelolaan pengetahuan agar pengetahuan yang ada dapat diidentifikasikan dan dapat dipetakan sehingga dapat dengan mudah ditemukan ketika akan digunakan. Penelitian ini dilakukan untuk mengimplementasikan knowledge management pada Kampung Marketer, dimana pengetahuan menjadi faktor yang penting dan melibatkan banyak pelaku didalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan pengetahuan yang dapat dipetakan. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan Soft System Methodology dengan tahapan-tahapan yang disesuaikan dengan kebutuhan pemecahan masalah. Dalam tahapan penelitian ini terdapat gambaran visual mengenai situasi saat ini dan juga dilakukan analisis CATWOE terhadap pelaku-pelaku yang terlibat di dalam alur pengetahuan pada Kampung Marketer. Kemudian hasil akhirnya berupa gambaran desain konseptual yang menggambarkan alur pengetahuan yang ada pada Kampung Marketer yang melibatkan pelaku-pelaku yang ada pada proses alur pengetahuan tersebut. Desain konseptual yang digambarkan dalam bentuk database relational ini merupakan tulang punggung dari knowledge management system yang akan dibangun selanjutnya.Kata kunci: manajemen pengetahuan,soft system methodology, kampung marketer
Published
2018-11-24
How to Cite
Chasanah, N. (2018) “Implementasi Knowledge Management dengan Pendekatan Soft System Methodology (Studi Kasus: Kampung Marketer, Purbalingga)”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/1089 (Accessed: 22June2024).