PERANCANGAN ALAT PEMERAS SARANG MADU DENGAN MEMPERTIMBANGKAN FAKTOR ERGONOMI DAN WAKTU PROSES PEMERASAN

  • Nuzulia Khoiriyah
  • Akhmad Syakhroni
  • Mohamad Komzirudin Arief

Abstract

Proses pemerasan sarang madu di Bunga Alam Sari Kabupaten Batang saat ini menggunakan alat manual dengan handle sebagai penggerak utama, sehingga prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama dan penggunaannya cukup menguras tenaga. Volume madu dari alat pemeras madu sekarang juga tidak terlalu banyak, karena alat pemeras madu yang tersedia  hanya  mampu  menampung  2  sarang  madu  setiap  proses  pemerasan. Dibutuhkan sebuah alat yang mampu melakukan proses pemerasan madu  dengan waktu proses  yang lebih cepat, hasil lebih banyak serta memudahkan petani madu dalam bekerja.


Perancangan  alat  pemeras  madu  yang  baru  mempertimbangkan  sisi  ergonomis  dan  nilai  ekonomis    dalam pengoperasian. Pembuatan alat dimulai dari tahap level design, design detail hingga uji coba alat dan evaluasi. Hasil percobaan alat baru memperlihatkan bahwa alat yang telah dikembangkan lebih nyaman, efektif, aman, serta ekonomis. Spesifikasi alat pemerasan sarang madu baru terdiri dari kerangka frame terbuat dari As stainless stell , rangka utama terbuat dari plat strip dan besi kotak,   kemudian pada tabung terbuat dari plat stainless steel, motor penggerak menggunakan  motor  dengan  arus  40  watt. 

Perancangan  alat  pemerasan sarang madu tersebut mempertimbangkan antroprometri dan rata-rata  tubuh manusia. Tinggi alat 105 cm dan diameter  alat 74 cm. Waktu proses pemerasan sarang madu alat yang baru mampu lebih cepat dibanding alat yang sudah ada (alat lama). Waktu proses alat yang baru adalah 2 menit sedangkan waktu proses pencampuran rasa menggunakan alat yang sudah  ada (sebelum perancangan) adalah 6 menit.

Published
2015-10-20
How to Cite
Khoiriyah, N., Syakhroni, A. and Arief, M. K. (2015) “PERANCANGAN ALAT PEMERAS SARANG MADU DENGAN MEMPERTIMBANGKAN FAKTOR ERGONOMI DAN WAKTU PROSES PEMERASAN”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/147 (Accessed: 25June2024).