ANALISIS KELAYAKAN EKONOMI RENCANA PENAMBANGAN BATU ANDESIT DI DESA HARGOREJO, KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

  • Anton Sudiyanto Staf Pengajar Prodi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral,UPN ”Veteran” Yogyakarta
  • Dyah Probowati Staf Pengajar Prodi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral,UPN ”Veteran” Yogyakarta
  • Afsal Ahmad Arief Mahasiswa Prodi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral,UPN ”Veteran” Yogyakarta

Abstract

Potensi batu andesit di Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta cukup potensial. Sejalan dengan kebutuhan bahan baku untuk menunjang pembangunan di daerah Kulon Progo dan sekitarnya, perlu dioptimalkan. Pada penelitian ini target produksi yang ditetapkan sebesar 10.000 m3/bulan, dari cadangan yang ada akan berumur 20 tahun.  Analisis kelayakan ekonomi dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampulabaan rencana penambangan dalam berbagai kondisi, seperti berubahnya harga jual, biaya produksi, maupun biaya investasi awal sehingga dapat bermanfaat bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo dalam rangka menarik investor. Biaya investasi yang direncanakan untuk membuka tambang adalah sebesar                      Rp. 8.897.096.160,- dimana besarnya biaya tersebut merupakan hasil penjumlahan dari besarnya modal tetap yaitu sebesar Rp 7.234.496.800,- modal kerja sebesar Rp 1.446.899.360,- biaya jaminan reklamasi sebesar Rp 150.700.000,- biaya studi Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL) sebesar Rp 65.000.000,-. Terdapat dua struktur modal yang digunakan yaitu 100% modal sendiri, dan 70% modal sendiri dan 30% modal pinjaman. Metode analisis yang digunakan adalah Net Present Value (NPV), Discounted Cash Flow Rate of Return (DCFROR), dan Pay Back Period (PBP). Dari hasil analisis kelayakan tersebut, dapat dinyatakan bahwa rencana penambangan batu andesit layak dipertimbangkan.

 

Kata Kunci: biaya, struktur modal, kelayakan

Author Biographies

Anton Sudiyanto, Staf Pengajar Prodi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral,UPN ”Veteran” Yogyakarta
Staf Pengajar Prodi  Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral,UPN ”Veteran” Yogyakarta
Dyah Probowati, Staf Pengajar Prodi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral,UPN ”Veteran” Yogyakarta
Staf Pengajar Prodi  Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral,UPN ”Veteran” Yogyakarta
Afsal Ahmad Arief, Mahasiswa Prodi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral,UPN ”Veteran” Yogyakarta
Mahasiswa Prodi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral,UPN ”Veteran” Yogyakarta

References

Akhmad Fauzi, Ph.D, (2004), Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Teori dan Aplikasi, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Haryanto, D., 2010, Evaluasi Ekonomi Proyek Mineral, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Stermole JF., Stermole MJ., 2000, Economic Evaluation and Investment Decision Methods, Ninth Edition, Investment Evaluation Corporation, Colorado.

Suad Husnan, Suwarsono Muhammad, (2000), Studi Kelayakan Proyek, Edisi Keempat, UPP AMP YKPN, Yogyakarta

Yanto Indonesianto, 2013, Pemindahan Tanah Mekanis, Jurusan Teknik Pertambangan UPN “Veteran” Yogyakarta.

………(2009), Undang-Undang Republik Indonesia No. 36 Tahun 2008 & Peraturan Pemerintah RI Tahun 2008, Tentang Perpajakan, Citra Umbara Bandung.

……….(2014), Peraturan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Tentang Pelaksanaan Reklamasi Dan Pascatambang Pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Published
2017-01-16
How to Cite
Sudiyanto, A., Probowati, D. and Arief, A. A. (2017) “ANALISIS KELAYAKAN EKONOMI RENCANA PENAMBANGAN BATU ANDESIT DI DESA HARGOREJO, KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/281 (Accessed: 24April2024).