ANALISIS KESTABILAN LUBANG BUKAAN DAN PILLAR DALAM RENCANA PEMBUATAN TAMBANG BAWAH TANAH BATUGAMPING DENGAN METODE ROOM AND PILLAR DI DESA SIDOREJO KECAMATAN LENDAH KAB. KULONPROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

  • Recky Fernando L. Tobing Mahasiswa Pascasarjana, Konsentrasi Lingkungan Pertambangan1
  • Diana Irmawati Pradani Mahasiswa Pascasarjana, Konsentrasi Lingkungan Pertambangan
  • Ratih Hardini K P Mahasiswa Pascasarjana, Konsentrasi Lingkungan Pertambangan

Abstract

Kestabilan lubang bukaan merupakan suatu faktor yang sangat penting untuk kelancaran kegiatan penambangan bawah tanah. Agar menjadi suatu metode penambangan yang aman, maka perlu dilakukan analisis tentang kestabilan lubang bukaan dan pillar pada rencana pembuatan tambang bawah tanah batugamping dengan metode penambangan menggunakan metode room and pillar.

Analisis ini dilakukan berdasarkan pada metode empirik yaitu melakukan pendekatan menggunakan klasifikasi massa batuan dan metode analitik yang mendasarkan pada tegangan-tegangan dan deformasi. Untuk metode analitik, penentuan faktor keamanan menggunakan suatu program geoteknik yaitu phase2 versi 7 dari rocscience.

                Berdasarkan analisis yang dilakukan, didapat RMR sebesar 62 dengan penamaan variabel bagus dan untuk penentuan kelas massa batuan berdasarkan Geological Strength Index (GSI) didapat nilainya sebesar 57 dengan kondisi kekar permukaan yang baik dan struktur massa batuannya yang tidak terganggu massa batuan yang lain. Sedangkan untuk nilai Q systemnya didapat sebesar 29,001 dengan panjang span maksimum 12,3 meter dan stand of timenya selama 7000 jam.

 

Kata kunci : kestabilan, lubang bukaan, pillar

Author Biographies

Recky Fernando L. Tobing, Mahasiswa Pascasarjana, Konsentrasi Lingkungan Pertambangan1

Mahasiswa Pascasarjana, Konsentrasi Lingkungan Pertambangan

Diana Irmawati Pradani, Mahasiswa Pascasarjana, Konsentrasi Lingkungan Pertambangan
Mahasiswa Pascasarjana, Konsentrasi Lingkungan Pertambangan
Ratih Hardini K P, Mahasiswa Pascasarjana, Konsentrasi Lingkungan Pertambangan
Mahasiswa Pascasarjana, Konsentrasi Lingkungan Pertambangan

References

Potts, DAVID m. & Zdavkovit, Lidija 1999, Fininte Element Analysis in Geotechnical Engineering Theory, Thomas Telford Ltd, 1 Heron Quary, London.

R. Hariyanto, 2012, Praktek Tambang Bwah Tanah, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Yogyakarta.

Singgih Saptono, 2012, Perencanaan Tambang 2, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Yogyakarta.

Wyllie, Ducan C. & Mah, Christopher W. 2004, Rock Slope Engineering 4thEd. The Institution of Mining and Metallurgi London.

Recky Fernando L. Tobing, 2014, Rancangan Push Back 3 bulan di front suwota site tanjungbuli PT. Aneka Tambang UBP Nikel Maluku Utara Kabupaten Halmahera Timur Provinsi Maluku Utara, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Yogyakarta.

Published
2017-01-16
How to Cite
Tobing, R. F. L., Pradani, D. I. and K P, R. H. (2017) “ANALISIS KESTABILAN LUBANG BUKAAN DAN PILLAR DALAM RENCANA PEMBUATAN TAMBANG BAWAH TANAH BATUGAMPING DENGAN METODE ROOM AND PILLAR DI DESA SIDOREJO KECAMATAN LENDAH KAB. KULONPROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/297 (Accessed: 28March2024).