PERANCANGAN ANTENA MIKROSTRIP WIDEBAND H-SHAPED PADA FREKUENSI 2.3-2.8 GHz

  • Harry Natanael Mountana Fakultas Teknik Elektro,Universitas Telkom Bandung
  • Bambang Setia Nugroho Fakultas Teknik Elektro,Universitas Telkom Bandung
  • Yuyu Wahyu Fakultas Teknik Elektro,Universitas Telkom Bandung

Abstract

Dalam  beberapa  tahun  terakhir  kebutuhan  pasar  telekomunikasi  mengarah  pada  penyaluran  informasi  dengan

kapasitas yang besar dan cepat, sehingga dibutuhkan perangkat komunikasi yang dapat bekerja dengan bandwidth yang lebar atau wideband.  Antena mikrostrip merupakan salah satu jenis antena yang berbentuk papan tipis dan mampu bekerja pada frekuensi yang tinggi. Kelemahan dari antena ini salah satu nya adalah cakupan bandwidth yang sempit. Banyak cara yang telah dilakukan untuk mengatasi hal ini, diantaranya adalah dengan menggunakan elemen parasitik, menambah ketebalan substrate, memperkecil konstanta dielektrik, atau dengan melakukan modifikasi patch seperti antena U-shaped, V-shaped, S-shaped, dan juga   E-shaped.  Antena H-Shaped adalah antena mikrostrip persegi panjang yang memodifikasi bentuk patch antena dan juga memiliki dimensi yang sederhana. Pada penelitian ini dilakukan perancangan sebuah antena mikrostrip wideband yang membentuk huruf H yang bekerja pada frekuensi

2300-MHz. Hasil yang diharapkan pada penelitian ini adalah VSWR ≤ 2 dengan pola radiasi unidirectional dan penguatan  ≥ 3 dBi.

 

Kata Kunci : Wideband, Antena Mikrostrip Persegi Panjang, H-shaped

Author Biographies

Harry Natanael Mountana, Fakultas Teknik Elektro,Universitas Telkom Bandung

Fakultas Teknik Elektro,Universitas Telkom Bandung

Bambang Setia Nugroho, Fakultas Teknik Elektro,Universitas Telkom Bandung
Fakultas Teknik Elektro,Universitas Telkom Bandung
Yuyu Wahyu, Fakultas Teknik Elektro,Universitas Telkom Bandung
Fakultas Teknik Elektro,Universitas Telkom Bandung

References

Ali, M.T., & Nordin, N., & Pasya, I., & Md Tan, M.N. (2012). H-Shaped

Microstrip Patch Antenna Using L- Antena pada penelitian ini menggunakan SMA konektor yang dimana mempunyai impedansi sebesar 50 Ω. Gain yang didapat yaitu 6.1638 dB. Probe Fed For Wideband Applications: IEEE.

Angelya, Evyta., Perancangan dan Implementasi Antena Wideband E- Shaped Pada Frekuensi 1.8-2.4 GHz. Tugas Akhir, Universitas Telkom, 2011.

Balanis, Constantine A., Antena Theory: Analysis and Design, New York: John Wiley & Son Inc, 1982.

Hsu, W.H., & Jheng, H.Y., & Pan, S.C., & Tang, C.L. (2014). Design of an Omnidirectional and High-Gain Dual- Mode Dipole Antenna : IEEE.

J.R.James,P.S.,Hall, “Handbook of Microstrip Antennas”, Peter Peregrinus Ltd,1989.

Mak, C.L., & Luk, K.M., (2000).

Experimental Study Of a Microstrip Patch Antenna With an L-Shaped Probe: IEEE.

Nurjaman, Mochamad F., Perancangan dan Realisasi Antena Mkrostrip E- Shape Termodifikasi Untuk Triple Band. Tugas Akhir, Universitas Telkom, 2010.

Pribadi, Badai T., Rancang Bangun Antena Mikrostrip Dengan Slot Persegi Panjang dan Tuning Stub Berbentuk Huruf U Untuk Aplikasi WiMAX (2300- 2400MHz). Tugas Akhir, Universitas Telkom, 2010.

Published
2017-01-16
How to Cite
Mountana, H. N., Nugroho, B. S. and Wahyu, Y. (2017) “PERANCANGAN ANTENA MIKROSTRIP WIDEBAND H-SHAPED PADA FREKUENSI 2.3-2.8 GHz”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/356 (Accessed: 26April2024).