Pendekatan Eko Arsitektur Pada Perencanaan Wisata Edukasi Industri Peternakan Sapi Di Kalianda

  • WITA WIDYANDINI UNIVERSITAS WIJAYAKUSUMA PURWOKERTO
  • MUHAMAD IQBAL ROMADHON Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • YOHANA NURSRUWENING Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Abstract

ABSTRAK

Sektor pariwisata dan peternakan merupakan salah satu sektor yang sangat potensial dan perlu mendapat perhatian yang baik dari Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. Sehingga akan sangat menarik jika menghadirkan wisata edukasi industri peternakan sapi di Kota Kalianda, Lampung Selatan.  Hadirnya wisata edukasi industri peternakan sapi di Kalianda ini diharapkan selain menambah destinasi wisata baru di Kabupaten Lampung Selatan, juga dapat menjadi wadah bagi peternak sapi guna meningkatkan pembudidayaan bibit ternak sapi yang ungggul, mensosialisasikan produk-produk yang dihasilkan peternak sapi, serta membantu mengangkat pamor dan perekonomian warga sekitar.  Sehingga ke depannya dapat memberikan hasil yang positif dengan banyaknya investor yang berinvestasi sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Lampung Selatan.

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] Badan Pusat Statistik. Hasil Produksi Daging Ternak Sapi Di Provinsi Lampung Tahun 2016-2018. Lampung : Badan Pusat Statistik
[2] Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lampung Selatan. Jumlah Peternak Sapi Di Kecamatan Kalianda Pada Tahun 2017-2019. Lampung Selatan : Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lampung Selatan.
[3] Suhada, Irfan Andi. Penerapan Prinsip Eko Arsitektur Studi Kasus Perencanaan Kawasan Wisata Ponggok Ciblon. Seminar Desain Arsitektur. Yogyakarta : Universitas Islam Yogyakarta. 2018 : 12-13.
[4] Basrowi dan Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT. Rineka Cipta. 2008 : 8.
[5] Tyas, Widji Indahing, dkk. Kajian Bentuk dan Tatanan Massa di Kawasan Bangunan Ci-Walk (Cihampelas Walk). Jurnal Reka Karsa. Bandung : Institut Teknologi Nasional. 2013 : 4.
[6] Putro, Syaid Adi, dkk. Penerapan Arsitektur Ekologi Pada Perencanaan Kawasan Wisata Air Danau Sunter di Jakarta. Jurnal Arsitektur PURWARUPA. 2018; Vol. 2 [2] : 20.
Published
2022-11-11
How to Cite
WIDYANDINI, W., ROMADHON, M. I. and NURSRUWENING, Y. (2022) “Pendekatan Eko Arsitektur Pada Perencanaan Wisata Edukasi Industri Peternakan Sapi Di Kalianda ”, ReTII, pp. 216-222. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/3614 (Accessed: 18April2024).