Pendekatan Akustik Ruang Dalam Pada Perancangan Bangunan Concert Hall di Purwokerto

  • Yohana Nursruwening Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Wahyu Ashari Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Wita Widyandini

Abstract

Kota Purwokerto selain dikenal sebagai Kota Pariwisata juga dikenal sebagai kota kebudayaan termasuk kesenian. Pertunjukkan atau konser kesenian di Kota Purwokerto biasanya diadakan pada bangunan serbaguna yang tidak dirancang secara spesifik sebagai bangunan gedung konser  yang diperuntukkan untuk sebuah pertunjukkan atau konser kesenian. Oleh karena itu Concert hall ini merupakan sebuah bangunan yang didesain untuk memenuhi kebutuhan tersebut sekaligus sebagai salah satu tempat hiburan dalam mengembangkan kreatifitas masyarakat yang bertujuan menghasilkan rancangan suatu bangunan yang  memenuhi kuantitas dan kualitas suatu pagelaran seni di Kota Purwokerto serta mendukung jalannya pertujukan sehingga memiliki kondisi akustik ruang yang baik dan mampu menghasilkan kualitas akustik yang maksimal.Dalam perancangan bangunan concert hall pada setiap pertunjukannya dibutuhkan akustik ruang yang tepat untuk menghasilkan kualitas bunyi yang optimal. Metode yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan kajian Pustaka. Setelah data diolah kemudian dianalis dengan menggunakan metode korelatif yaitu menghubungkan data yang satu dengan lainnya dan secara deskriptif. Hasil analisis berupa suatu konsep akustik meliputi konsep akustik sebagai persyaratan ruang, akustik sebagai pembentuk ruang dan akustik ruang pertunjukan, disamping itu ada beberapa jenis material pendukung akustik.

References

[1] Suptandar, J. Pamudji. 2004. Faktor Akustik Dalam Perancangan Desain Interior. Jakarta: Djambatan.
[2] Cowan, James. 2000. Architectural Acoustics Design Guide. New York:McGraw-Hill
[3] Banoe, Pono. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius
[4] Doelle, Leslie L. 1986. Akustik Lingkungan. Jakarta: Erlangga.
_____________. 1990. Akustik Lingkungan. Jakarta: Erlangga.
_____________. 1996. Akustik Lingkungan. Jakarta: Erlangga.
[5] Kabupaten Banyumas. 2011. Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Tahun 2011-13 tentang kawasan stretegis kabupaten dari sudut kepentingan ekonomi sebagaimana dimaksud dalam pasal 51 ayat (1) huruf (a).Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas
[6[ Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
[7] Neufert, Ernst. 1996. Data Arsitek (Jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Published
2022-11-11
How to Cite
Yohana Nursruwening, Ashari, W. and Widyandini, W. (2022) “Pendekatan Akustik Ruang Dalam Pada Perancangan Bangunan Concert Hall di Purwokerto”, ReTII, pp. 232-238. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/3620 (Accessed: 20April2024).