Penataan Kembali Kawasan Wisata Pantai Teluk Penyu Dengan Konsep Recreational Waterfront di Kota Cilacap

  • WITA WIDYANDINI UNIVERSITAS WIJAYAKUSUMA PURWOKERTO
  • REINARD DAVID ABEL SETIYOKO Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • DWI JATI LESTARININGSIH Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Abstract

ABSTRAK

Pariwisata merupakan hal yang penting bagi suatu daerah karena dapat menjadi salah satu sumber pendapatan bagi suatu daerah dari setiap objek wisata yang ada. Perkembangan sektor pariwisata di suatu derah akan turut membawa perkembangan di sektor lain.  Kota Cilacap memiliki sektor pariwisata yang menarik dan potensial, salah satu obyek wisata di kota Cilacap yaitu Pantai Teluk Penyu.  Pantai Teluk Penyu merupakan pantai landai yang terletak di pesisir selatan pulau Jawa. Pantai Teluk Penyu memiliki potensi wisata yang besar . Daya tarik yang ada di Pantai Teluk Penyu sayangnya tidak didukung dengan adanya penataan lansekap kawasan yang  efisien dan menarik. Penelitian ini membahas mengenai fenomena yang melatarbelakangi dilakukannya penataan kembali kawasan wisata Pantai Teluk Penyu di Kota Cilacap, sehingga metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dengan cara pengamatan langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian adalah perlunya dilakukan penataan kembali kawasan wisata Pantai Teluk Penyu dengan konsep Recreational Waterfront agar kawasan wisata pantai Teluk Penyu dapat menyediakan sarana untuk berbagai kegiatan rekreasi bagi wisatawan.

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] UU RI No 9 tahun 1990 tentang Kepariwisataan
[2] Tangkuman, Dwi Juwita & Tondobala, Linda. Arsitektur Tepi Air. Media Matrasain. 2011; Vol. 8(2) : 40-54.
[3] Arsitur Studio. Pengertian Waterfront Dalam Desain. Diakses melalui https://arsitur.com, pada hari Senin, 3 Oktober 2022, pukul 20.36 WIB.
[4] Tim Editorial Rumah.com. Pengertian Waterfront City, Prinsip, dan Contoh Kotanya di Indonesia. Diakses melalui https://rumah.com, pada hari Senin, 3 Oktober 2022, Pukul 20.44 WIB
[5] Patton, Michael Quinn. Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2009 :15.
[6] Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. 1994 : 6.
[7] Hornby, Albert Sydney. Oxford Advanced Learner's Dictionary of Current English. Oxford, England : Oxford University Press. 1995.
Published
2022-11-11
How to Cite
WIDYANDINI, W., SETIYOKO, R. D. A. and LESTARININGSIH, D. J. (2022) “Penataan Kembali Kawasan Wisata Pantai Teluk Penyu Dengan Konsep Recreational Waterfront di Kota Cilacap ”, ReTII, pp. 270-277. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/3633 (Accessed: 19July2024).