PENGARUH ARUS DAN WAKTU SPOT WELDING TERHADAP SIFAT MEKANIK SAMBUNGAN DISSIMILAR AISI 1003 DENGAN AISI 1025

  • M Mustakim JurusanTeknik Mesin STTNAS Yogyakarta
  • Ratna Kartikasari JurusanTeknik Mesin STTNAS Yogyakarta
  • Bima Wedar Permana Jurusan Teknik Mesin STTNAS Yogyakarta

Abstract

Abstrak

 

Salah satu metode pengelasan yang banyak digunakan di industri adalah pengelasan dengan metode Resistance Spot Welding (lastitik). Namun masihditemuikendala utama pada proses pengelasan, yakni benda kerja yang dilas sering kali tidak menempel dengan kuat, pada kasus ini adalahplat SPCC-SD 1,8 (AISI 1003) dan nut weld M6 (AISI 1025). Pada penelitian ini akan dicoba mengkombinasikan waktu dalam rentang 14, 17, 20, 23, 26 cycle dan arus listrik sebesar 49, 52, 55, 58, 61 ampere. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab perilaku kegagalan IF (interfacial fracture) dan PF (pullout fracture) dalam pengelasan titik logam tak sejenis (dissimilar). Hasil penelitian ini selanjutnya akan digunakan sebagai parameter utama dalam pengelasan di industri yang hingga saat ini belum ditemukan pengaturan yang tepat. Karakterisasi yang dilakukan adalah uji komposisi, uji struktur mikro, uji kekerasan dan uji tarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi arus dan waktu berpengaruh terhadap kekuatan tarik hasil pengelasan. Semakin tinggi arus dan waktu pengelasan maka kekuatan tarik semakin tinggi.

 

 

Kata Kunci: Resistance Spot Welding, AISI 1003, AISI 1025, lastitik, fotomikro, kekuatantarik.

Author Biographies

M Mustakim, JurusanTeknik Mesin STTNAS Yogyakarta
JurusanTeknik Mesin STTNAS Yogyakarta
Ratna Kartikasari, JurusanTeknik Mesin STTNAS Yogyakarta
JurusanTeknik Mesin STTNAS Yogyakarta
Bima Wedar Permana, Jurusan Teknik Mesin STTNAS Yogyakarta
Jurusan Teknik Mesin STTNAS Yogyakarta

References

Anon., Handbook for Resistance Spot Welding, Miller, Appleton, Wisconsin,2005, p.6.

ASTM Internasional, 2004, ASTM G31-72: Standart Practice for Laboratory Immersion Corrosion Testing of Metals. United State.

Fontana, Mars, 1987, “Corrosion Engineering”, 3rd ed, Mc Graw Hill Book Company, New York.

Haikal danTriyono, 2013, Studi Literatur Pengaruh Parameter Pengelasan Terhadap Sifat Fisik dan Mekanik pada Las Titik (resistance

Published
2017-01-17
How to Cite
Mustakim, M., Kartikasari, R. and Permana, B. W. (2017) “PENGARUH ARUS DAN WAKTU SPOT WELDING TERHADAP SIFAT MEKANIK SAMBUNGAN DISSIMILAR AISI 1003 DENGAN AISI 1025”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/369 (Accessed: 26April2024).