Pemilihan Lokasi Pendidikan Stikom Manado Menggunakan Pendekatan Fuzzy AHP

  • Reonaldy Berikang Universitas Atmajaya Yogyakarta
  • Djoko Budianto Universitas Atmajaya Yogyakarta
  • E Ernawati Universitas Atmajaya Yogyakarta

Abstract

Menyebarkan pendidikan secara merata keseluruh pelosok daerah adalah tugas dan tanggung jawab setiap instansi yang bergerak dalam bidang pendidikan maupun pemerintah secara keseluruhan. Pendidikan yang merata bagi setiap daerah di Indonesia otomatis akan menghasilkan generasi muda yang berkualitas dan berguna untuk bangsa. Yayasan Stikom dengan visi turut membangun bangsa ikut mengsukseskan program pemerintah yaitu dengan memberikan layanan fasilitas pendidikan kepada masyarakat khususnya masyarakat di kabupaten Sangihe,Talaud,Sitaro dan Bolsel yang ada disekitar Provinsi Sulawesi Utara. Tapi dengan keterbatasan yang dimiliki, pihak Stikom Manado belum bisa membuka fasilitas pendidikan pada empat daerah sasaran itu sekaligus, sehingga harus membutuhkan analisis dan prediksi yang akurat sehingga memberikan satu lokasi alternatif.

Untuk membantu pihak Stikom memilih salah satu lokasi pembangunan  fasilitas pendidikan pada salah satu lokasi sasaran ini, penulis mengusulkan kepada pihak yayasan agar supaya menghindari pemilihan lokasi manual, dan mencoba menggunakan analisis perhitungan menggunakan metode Fuzzy AHP, untuk mencari lokasi yang berbobot berdasarkan kriteria dan subkriteria yang dimiliki lokasi tersebut.

Berdasarkan perhitungan dan analisis menggunakan metode Fuzzy AHP, yang dilakukan pada kriteria dan subkriteria pada keempat lokasi ini, maka penulis bisa memberikan informasi, dalam bentuk hasil pengolahan data yang dirumuskan secara hirarki bahwa, terdapat satu lokasi yang baik untuk dibangun fasilitas pendidikan yang dimaksud, karena memiliki nilai tertinggi dalam perangkingan yang menggunakan metode Fuzzy AHP, dan lokasi ini jika dibangun fasilitas pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Manado (STIKOM) akan memberikan efek yang baik kepada masyarakat,pemerintah dan kepada pihak yayasan sendiri, karena hasil yang didapatkan berasal dari pembobotan kriteria dan perhitungan metode yang umumnya dipakai dalam mencari alternatif.

 

Kata Kunci: Stikom Manado, FAHP, Lokasi Pendidikan

Author Biographies

Reonaldy Berikang, Universitas Atmajaya Yogyakarta

Universitas Atmajaya Yogyakarta

Djoko Budianto, Universitas Atmajaya Yogyakarta
Universitas Atmajaya Yogyakarta
E Ernawati, Universitas Atmajaya Yogyakarta
Universitas Atmajaya Yogyakarta

References

William, B. (2007). From the Mouths of Middle-Schoolers: Important Changes for High School and College. Phi Delta Kappan , 89 (3).

Saaty, T. (1990). How to make a decision: The analytic hierarchy process. European Journal of Operational Research , 9-26.

Das. (2011). Selection of business strategi for quality improvement using fuzzy analitical hierarchy process. international quality converence .

Atmanti, H. D. (2005). INVESTASI SUMBER DAYA MANUSIA. Dinamika Pembangunan , 2 (1), 3-.

Killinci, O. (2013). Fuzzy AHP approach for supplier selection in a wahing machine company. Expert sistem with aplication , 2.

Samsinar. (2011). Peta Interaktif untuk Penentuan Kelayakan. Riau: IEEE.

Lei Gao, A. H. (2013). Indetifing Prefered Manajemen options: An integrated agent-based recreational fishing simulation model with an AHP-TOPSIS evaluation method. Ecological Modeling .

Ronald E, d. (2000). Penerapan Multi Criteria Decission Making dalam pengambilan keputusan sistem perawatan. Jurnal Teknik Industri , 2, 1-12.

Rosnelly, R. (2011). Penerapan Fuzzy Multi Criteria Decision Making ( Fmcdm ) Untuk Diagnosis Penyakit Tropis. Seminar Nasional Informatika (semnasIF) , 2011, D-21 - D-26.

Chou, D. (2005). Evaluating sustainable fishing development strategies using fuzzy MCDM approach. Omega , 4.

Published
2017-01-17
How to Cite
Berikang, R., Budianto, D. and Ernawati, E. (2017) “Pemilihan Lokasi Pendidikan Stikom Manado Menggunakan Pendekatan Fuzzy AHP”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/400 (Accessed: 27April2024).