Adopsi Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil Menengah: Studi Pemanfaatan Sosial Media Untuk Menjalankan Bisnis

  • Vionita Mandala Jurusan Teknik Pertambangan sttnas Yogyakarta
  • Andeka Rocky Tanaamah
  • Johan J.C. Tambotoh

Abstract

Fenomena penggunaan sosial media bagi masyarakat Indonesia menarik untuk dicermati. Terutama pemanfaatan sosial media oleh UMKM dalam menjalankan bisnis. Perlu diketahui secara mendalam faktor-faktor yang menyebabkan mengapa banyak UMKM saat ini mengandalkan sosial media sebagai bagian dari bisnis yang dijalankannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Social Influence dan Facilitating Condition terhadap adopsi teknologi, dalam hal ini sosial media oleh UMKM untuk kegiatan bisnis.  Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) menggunakan aplikasi pendukung SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa Behavioral Intention/Minat pemanfaatan teknologi informasi (BI) dipengaruhi secara langsung oleh Perceived usefulness/Persepsi Terhadap Kegunaan (PU). Perceived usefulness/Persepsi Terhadap Kegunaan (PU) secara langsung dipengaruhi oleh Compatibility/Kesesuaian (CM). Saat pemilik usaha UMKM menjalankan bisnisnya menggunakan sosial media, maka secara tidak langsung pemilik usaha akan meningkatkan tingkat keinginan atau niat pemakai menggunakan system secara terus menerus jika penggunaan sosial media dalam menjalankan usahanya dirasa berpotensi kedepannya untuk menjadi yang lebih baik saat merasakan kesesuaian dalam menggunakan sosial media.

 

Kata Kunci: Penerimaan Teknologi, Social Influence, Facilitating Conditions, Partial Least Square

Author Biography

Vionita Mandala, Jurusan Teknik Pertambangan sttnas Yogyakarta
Teknik Pertambangan

References

Budianto, Alexius Endy. Yunus Amak. 2014. Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Dengan Pemanfaatan Teknologi Mobile Computing Sebagai Akselerator Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Kabupaten Malang. IOSR Journal of Computer Engineering (IOSR-JCE). e- ISSN: 2278-0661, p- ISSN: 2278- 8727Volume 16, Issue 1, Ver. 5 (Jan. 2014), PP 63-70.

Wijaya, Ketut Krisna. 2015. "Berapa jumlah pengguna website, mobile, dan media sosial di Indonesia?". 6 Juni 2015. https://id.techinasia.com/laporan- pengguna-website-mobile-media-sosial- indonesia/

Ghalandari, Kamal. 2012. The Effect of Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence and Facilitating Conditions on Acceptance of E-Banking Services in Iran: the Moderating Role of Age and Gender. ISSN 1990-9233. Middle-East J. Sci. Res., 12 (6)

.

Boer, Kheyene Molekandella. 2013. Interaktivitas sebagai Strategi Mediated Communication pada Fans Pages Starbucks Coffee Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 10,Nomor 2, Desember 2013. Halm 1Yuni13.

Yuniarti, Laily. 2010. Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Islam Ngadirejo Tahun 2009- 2010.

Syahroni, Khorul Habib. 2014. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kesesuaian Tugas - Teknologi Informasi, Dan Kepercayaan Atas Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Individual (Studi kasus pada bank BPR di Kabupaten Karanganyar).

Hermana, Budi. 2007. "Model Adopsi Teknologi Informasi". 8 Oktober 2015. http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/b hermana/2007/06/07/model-adopsi- teknologi-informasi/comment-page-2/.

Wijayanti, Ratih. 2009. Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Nasabah Terhadap Layanan Internet Banking (Studi Empiris Terhadap Nasabah Bank Di Depok)

Hermana, Budi. Farida. Model Riset Adopsi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Perguruan Tinggi: Meta Analysis.

Venkatesh, Viswanath, M. G. Morris, G. B. Davis, and F. D. Davis, 2003, User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View, MIS Quarterly, Vol. 27., No. 3, pp. 425- 478.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan Ke-22, Alfabeta, Bandung.

Martono Nanang, 2015. Metode Penelitian Sosial. Cetakan ke-1. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Imam Ghozali. 2011. Aplikasi Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS), Edisi ketiga, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Fitriani, Ari. Otok, Bambang Widjanarko. 2013. Pengembangan Indikator dan Penentuan Rumah Tangga Miskin di Propinsi Jawa Timur Menggunakan Spatial Structural Equation Modeling. Jurnal Sains Dan Seni Pomits Vol. 2, No.1, (2013) 2337-3520 (2301 -928X Print).

Published
2017-01-17
How to Cite
Mandala, V., Tanaamah, A. R. and Tambotoh, J. J. (2017) “Adopsi Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil Menengah: Studi Pemanfaatan Sosial Media Untuk Menjalankan Bisnis”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/409 (Accessed: 19April2024).