Analisis Sistem Pengenalan dan Keamanan Kriptografi Hill Cipher pada Plat Nomor Kendaraan Menggunakan Metode Template Matching.

  • Muhammad Geby Gumelar STTNAS Yogyakarta
  • Ike Fibriani Universitas Negeri Jember
  • Dodi Setiabudi
  • Bambang Supeno

Abstract

Kemajuan teknologi berkaitan erat dengan efisiensi manusia dalam melakukan pekerjaannya, salah satunya adalah pada sistem perparkiran. Semakin tinggi frekuensi kendaraan yang keluar masuk suatu tempat parkir akan memungkinkan komputer untuk menggantikan peran manusia dalam melakukan pencatatan plat nomor kendaraan. Pada penelitian ini akan dibuat suatu sistem yang dapat mengenali plat nomor secara otomatis dan memiliki sistem keamanan terhadap data plat nomor itu sendiri. Sistem pengenalan plat nomor pada penelitian ini menggunakan metode template matching. Pengambilan data dilakukan pada siang dan malam hari untuk mengetahui pengaruh tingkat intensitas cahaya terhadap kinerja sistem. Pada pengambilan data siang hari, dari 10 citra uji terdapat 9 citra yang teridentifikasi dengan benar (akurasi 90%). Sedangkan pada malam hari, dari 10 citra uji terdapat 8 citra yang teridentifikasi dengan benar (akurasi 80%). Sehingga, total akurasi sistem dalam melakukan proses identifikasi adalah sebesar 85%. Pada proses keamanan data, citra yang telah teridentifikasi (dalam hal ini sebagai plainteks) akan dienkripsi menggunakan algoritma kriptografi hill cipher. Dari 20 data plainteks, terdapat 20 data yang terenkripsi dengan benar, dengan kata lain akurasi algoritma kriptografi hill cipher pada sistem adalah 100%.

 

Kata Kunci: citra, identifikasi, plat nomor kendaraan.

References

Hermawati F. A. 2013. Pengolahan Citra Digital Konsep dan Teori. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Liliana, Budhi G. S., & Hendra. 2011. Jurnal: “Segmentasi Plat Nomor Kendaraan Menggunakan Motode Run Length Smearing Algorithm (RLSA)”. Teknik Informatika Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Hasugian A. H. 2013. Jurnal “Implementasi Algoritma Hill Cipher dalam Penyandian Data”. STMIK Budi Darma. Medan.

Bhat R., Mehandia B. 2014. Jurnal “Recognition of Vehicle Number Plate Using Matlab”. ECE Departement Gurgaon Intitute of Technology & Management. Gurgaon, India.

Widyanarko A. 2009. Jurnal “Studi dan analisis mengenai Hill Cipher, Teknik Kriptanalisis dan Upaya Penanggulangannya”. Program Studi Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Wicaksana R. P. 2010. Jurnal “Pengenalan Plat Nomor Kendaraan Secara Otomatis untuk Pelanggaran Lalu Lintas”. Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Puspita N. P., Bahtiar N. 2010. Jurnal: “Kriptografi Hill Cipher dengan Menggunakan Operasi Matriks”. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Diponegoro. Semarang.

Bahri R. S., Maliki I. 2012. Jurnal: “Perbandingan Algoritma Template Matching dan Feature Extraction pada Optical Character Recognition”. Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Indonesia. Bandung.

Hendry J., Hidayat R. 2011. Jurnal: “Template Matching Untuk Deteksi Obyek Citra Dengan Menggunakan Algoritma Korelasi”. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada. Yogyakarta

Hartanto S., Sugiharto A., & Endah S. N. 2012. Jurnal: “Optical Character Recognition Menggunakan Algoritma Template Matching Correlation”. Jurusan Informatika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro. Semarang.

Published
2017-03-06
How to Cite
Gumelar, M. G., Fibriani, I., Setiabudi, D. and Supeno, B. (2017) “Analisis Sistem Pengenalan dan Keamanan Kriptografi Hill Cipher pada Plat Nomor Kendaraan Menggunakan Metode Template Matching.”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/427 (Accessed: 18June2024).