Pengembangan Aplikasi SMS Autosender dan SMS Autoresponder untuk Sistem Pemantauan dan Pencarian Relawan Penanganan Bencana dengan Basis Lokasi

  • Kusworo Anindito Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Devi Indriasari Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Eddy Julianto Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Hana Yanita Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Abstract

Tindakan penanganan bencana merupakan tanggung jawab dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Dalam kegiatan penanganan tersebut banyak relawan yang terlibat. Mereka menyebar di wilatah bencana untuk membantu para korban, mengumpulkan data, mendistribusikan bantuan, dan lain sebagainya. Mereka sering kali memasuki wilayah bencana dengan situasi yang tidak menentu dan berbahaya. Akibatnya, jika terjadi kejadian yang membahayakan, mereka bisa terpisah dari rombongan, tersesat, terjebak di lokasi tertentu, atau bahkan meninggal dunia. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem untuk memantau dan mencari posisi dari tiap relawan yang terlibat penanganan bencana. Dalam kegiatan pemantauan, posisi para relawan diperbarui dengan mengirimkan SMS berisi koordinat posisi relawan oleh SMS autosender ke web service melalui SMS gateway. Koodinator kemudian bisa menampilkan posisi para relawan pada peta. Jika ada relawan yang dinyatakan hilang, koordinator/relawan dapat mengirimkan SMS ke handphone relawan yang hilang. Saat sampai di handphone relawan yang dicari, SMS autoresponder akan membaca posisi saat itu dari GPS dan mengirimkannya dalam bentuk SMS ke SMS gateway di kantor pusat koordinasi. Selain itu, relawan yang sedang dalam kondisi darurat juga bisa mengirimkan posisinya dengan menekan panic button agar posisinya bisa ditampilkan di peta dengan simbol khusus.

 

Kata Kunci: bencana alam, relawan, mobile, SMS gateway, autosender, autoresponder, lokasi

References

Campbell, Scott and Fainstein, Susan S. (1996). Reading in Planning Theory. Cambridge. Blackwell Publishers.

Chan, Jian L., Gschwender, A., Workman, R., (2005). Campus Google Map Applications. Southern Connecticut State University.

Detik, TNI AL Akan Jemput Wartawan antv & 26 Relawan yang Tersesat di Mentawai, [Online], Diakses di: http://oto.detik.com/read/2010/11/01/192142/1481923/10/tnialakanjemputwartawanantv26relawanyangtersesatdimentawai?od771104bcj [1 November 2010].

Gintoro, Suharto, I. W., Rachman, F., Hali, Daniel, (2010). Analisis dan Perancangan Sistem Pencarian Taksi Terdekat dengan Pelanggan Menggunakan Layanan Berbasis Lokasi. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010) ISSN: 1907-5022, Yogyakarta.

Indonesia, (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana. Sekretariat Negara. Jakarta.

Jayaram, Preethi, Nguyen, Trahan, S., M., Allred, I., (2008). Integrating Geocode Data from the Google Map API and SAS/Graph.

Nasaruddin, Rhodian, F., Munadi, K. (2011). Aplikasi Pelaporan Kejadian Bencana Secara Online di Wilayah 173 Aceh Berbasis SMS gateway. UNISSULA Semarang.

Olaleye, Oludare, Olaniyan, A., Eboda, O., Awolere, A., (2013). SMS-Based Event Notification System. Journal of Information Engineering and Applications, Vol.3, No.10, 2013.

Purnomo, Sigit, Devi I., Kusworo A., Irvan, (2015). A Study of Disaster Situation Management Using Mobile Technology in Yogyakarta. International Conference on Data and Software Engineering.

Santi , Yani, Ahmad., (2010). Kebutuhan Basis Data untuk aplikasi sistem informasi Geografi dalam Era Otonomi Daerah. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Sipahutar, Julius, Tanpa Mitigasi Bencana Indonesia 2014 Masih Menangis, [Online], Diakses di: http://www.bmkg.go.id/BMKG_Pusat/Lain_Lain/Artikel/Tanpa_Mitigasi_Bencana_Indonesia_2014_Masih_Menangis.bmkg [31 Desember 2013].

Supernova, Lina, (2012). Pembangunan Aplikasi Panduan Bus Rapid Transit (BRT) Semarang Dengan Layanan Berbasis Lokasi Menggunakan J2ME. Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta.

Tribunnews, 15 Relawan Terjebak di Dusun Candi, [Online], Diakses di: http://www.tribunnews.com/regional/2011/01/23/15-relawan-terjebak-di-dusun-candi [23 Januari 2011].

VIVAnews, Mereka Pahlawan Bencana, [Online], Diakses di: http://sorot.news.viva.co.id/news/read/188491-mereka-pahlawan-bencana [26 Oktober 2010].

Woodrow, Stephen, (2008). Post, Location is Everything Balancing Innovation, Convenience, and Privacy in Location-based Technologies.

Zincir-H., A.Nur, Heywood, M.I., (2000). In the Wake of the Turkish Earthquake: Turkish Internet. Proceedings of the Internet Society’s iNet 2000 Conference.

Published
2017-03-06
How to Cite
Anindito, K., Indriasari, D., Julianto, E. and Yanita, H. (2017) “Pengembangan Aplikasi SMS Autosender dan SMS Autoresponder untuk Sistem Pemantauan dan Pencarian Relawan Penanganan Bencana dengan Basis Lokasi”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/431 (Accessed: 20April2024).