FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA SEKOLAH UNGGULAN MENJADI MAHASISWA UIN SUSKA RIAU

  • Ismu Kusumanto UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ekie Gilang Permata

Abstract

Input calon mahasiswa merupakan salah satu faktor yang menentukan kualitas suatu perguruan tinggi, dimana umumnya input yang baik berasal dari sekolah-sekolah unggulan. Hal ini disebabkan karena adanya dukungan dari pihak sekolah, terutama dukungan finansial dan fasilitas yang memadai sehingga anak peserta didik menjadi berkualitas. Sementara UIN Suska Riau masih belum mendapatkan input calon mahasiswa yang sesuai dengan harapan sehinnga perlu diketahui faktor-faktor yang menentukan minat siswa tersebut memilih UIN Suska Riau.

Metode cluster digunakan untuk mengumpulkan berbagai variabel yang memiliki kesamaan kriteria membentuk faktor-faktor tertentu. Pengolahan data yang dilakuan menunjukkan ada empat kelompok faktor yang ada pada siswa unggulan, yaitu cluster pertama menunjukkan pengelompokkan pembentuk factor kondisional, dimana relative sulit untuk dipengaruhi dalam pemilihan perguruan tinggi. Cluster kedua menunjukkan pengelompokkan pembentuk factor ideal, dimana sudah terbentuk dasar-dasar pengetahuan agama yang cukup kuat. Cluster ketiga menunjukkan pengelompokkan pembentuk factor obyektif. Factor ini menentukan pilihan secara obyektif terkait kualitas perguruan tinggi dan kemungkinan alumni mampu bersaing dalam dunia kerja. Cluster keempat menunjukkan pengelompokkan pembentuk factor subyektif. Siswa dalam kelompok ini dalam menentukan pilihannya didasarkan pada pengaruh eksternal.

 

Kata kunci : kesamaan variable, perguruan tinggi, metode cluster, minat siswa,

References

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1. Indonesia: Erlangga 2009

Simamora, Bilson. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama. 2002

Yamin, Sofyan. ”SPSS COMPLETE Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS”, PT. Salemba Infotek, Jakarta. 2009

Published
2017-03-07
How to Cite
Kusumanto, I. and Permata, E. G. (2017) “FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA SEKOLAH UNGGULAN MENJADI MAHASISWA UIN SUSKA RIAU”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/449 (Accessed: 18June2024).