Analisis Lingkungan Pengendapan Pada Batupasir Formasi Talangakar Menggunakan Data Wireline Log Pada Lapangan Derawan, Cekungan Jawa Barat Utara

  • Sri Arianti Gunawan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Listiyani Retno Astuti Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Obrin Trianda Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Abstract

Lingkungan sedimen adalah bagian dari permukaan bumi yang secara fisik, kimia dan biologis berbeda dari medan yang berdekatan (Selley, 1988). Kajian lingkungan pengendapan merupakan salah satu tujuan dari banyak studi yang dilakukan untuk tujuan akademis dan ekonomis dalam eksplorasi minyak dan gas bumi. Kajian lingkungan pengendapan memerlukan analisis yang cukup komprehensif seperti analisis fasies stratigrafi sekuens untuk memperoleh interpretasi atau kesimpulan yang detail. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis mudlog dan wireline log untuk mengetahui litologi, fasies dan sejarah sedimentasi Formasi Talang Akar Lapangan Derawan di Cekungan Jawa Barat Utara. Metode yang digunakan untuk menganalisis pembentukan lingkungan pengendapan batupasir Talang Akar, Lapangan Derawan di Cekungan Jawa Barat Laut adalah metode analisis log sumur untuk mendapatkan data bawah permukaan berupa sifat fisik batuan kemudian analisis elektrofasies berdasarkan pola log gamma ray dan yang ketiga adalah stratigrafi. metode analisis urutan sehingga dapat diketahui perubahan muka air laut. Interpretasi urutan stratigrafi dilakukan berdasarkan fasies dan perubahan pola log sinar gamma. Berdasarkan analisis sedimen, litologi sampel didominasi oleh batupasir berbutir halus sampai sangat halus.

References

[1] Aminu, M.B., Olorunniwo, M.O., 2012. Seismic Paleo-geomorphic System of the Extensional Province of the Niger Delta: an Example of the Okari Field. InTech Publishers, London, pp. 79e98.
[2] Avbovbo, A.A., 1978. Tertiary lithostratigraphy of Niger Delta. Am. Assoc. Petrol. Geol. Bull. 62, 295e300.
[3] Bassiouni, Zaki. 1994. Theory Measurement and interpretation of Well Logs. Texas. USA.
[4] Boggs, Sam. 1987. Principle of Sedimentology and Stratigraphy. Ohio: Merril Publishing.
[5] Boggs, Sam. 2006. Principle of Sedimentology and Stratigraphy Fourth Edition. New Jersey: Merril Publishing.
[6] Catuneanu. 2006. Principles of Sequence Stratigraphy. Canada: Elsevier
[7] De Coster, G. L. 1974. The Geology of Central and South Sumatra Basin. Proc. IPA 3rd Annual Convention.
[8] Dewan, John, T. 1983. Essentials of Modern Open Hole Log Interpretastion. Tulsa, Oklahoma: Pennwell Corp.
[9] Doust, H., Omatsola, E., 1990. Niger Delta. In: Edwards, J.D., Santogrossi, P.A. (Eds.), Divergent/passive margin basins. AAPG, Tulsa, pp. 239e248.
[10] Doveton, John H. 1986. Log Analysis of Subsurface Geology. USA: John Wiley and Sons, Inc.
Published
2023-11-11
How to Cite
Sri Arianti Gunawan, Listiyani Retno Astuti and Obrin Trianda (2023) “Analisis Lingkungan Pengendapan Pada Batupasir Formasi Talangakar Menggunakan Data Wireline Log Pada Lapangan Derawan, Cekungan Jawa Barat Utara”, ReTII, 18(1), pp. 517-520. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/4539 (Accessed: 11May2024).