Analisis Performansi ProPHETv2 Routing Berbasis Vehicular Delay-Tolerant Network pada Daerah Rural

  • Gumilar Hadi Prabowo Telkom University
  • Rendy Munadi Telkom University
  • Leanna Vidya Yovita Telkom University

Abstract

Internet dan kemajuan teknologi komunikasi telah mengubah secara drastis cara orang bekerja dengan komputer. Pada implementasinya, internet menggunakan sebuah protokol yaitu Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP), dimana protokol ini tidak dapat bekerja bila terjadi delay yang cukup lama seperti yang terjadi pada daerah rural. Vehicular Delay-Tolerant Network (VDTN) berusaha untuk memperbaiki masalah tersebut dengan cara menyimpan paket (Store) bila belum memungkinkan terjadinya penerusan paket (Packet Forwarding). VDTN menganggap bahwa kendaraan sebagai sebuah node dan menggunakan paradigma store-carry-forward untuk proses komunikasinya, serta secara simultan memberikan informasi kepada node lain. ProPHETv2 merupakan salah satu algoritma routing di VDTN yang mengguanakan informasi tersebut dan menambahkan parameter contact duration untuk menilai probabilitas pengiriman dalam membuat keputusan Forwarding Packet. Dengan menggunakan ONE (Opportunistic Network Environment) Simulator 1.5.0 RC2 akan dianalisis performa algoritma ProPHETv2 dengan menggunakan beberapa parameter yaitu Delivery Probability, Overhead Ratio, dan Average Latency, serta menggunakan OpenJUMP 1.8.0 untuk map processing. Hasil simulasi yang diperoleh bahwa nilai maksimum delivery probability adalah sebesar 0.9618 untuk perubahan ukuran buffer dan 0.9541 untuk perubahan kecepatan node. Nilai maksimum overhead ratio sebesar 63.4736 untuk perubahan ukuran buffer dan 59.6612 untuk perubahan kecepatan node. Dan nilai maksimum average latency sebesar 1011.958 untuk perubahan ukuran buffer dan 1848.503 untuk perubahan kecepatan node.

Kata Kunci: delay, ProPHETv2, rural, VDTN.

References

Cabacas, R. A., Nakamura, H. & Ra, I-H., “Energy Consumption Analysis of Delay Tolerant Network Routing Protocols.” International Joutnal of Software Engineering and Its Applications, vol. 8, no. 2, pp. 1-10, 2010.

D. Niyato, P. Wnag & M. Teo, “ Performance Analysis of The Vehicular Delay Tolerant Network,” IEEE Communications Society Subject Matter Expert for Publication in the WCNC, 2009.

M. Zhang & R.S. Wolff, “Routing Protocols for Vehicular Ad Hoc Networks in Rural Area,” 2008.

Puri, P., Singh, M.P. (2013) “A Survey Paper on Routing in Delay-Tolerant Netwokrs”, International Conference on Information Systems and Computer Network, pp. 2015-220.

S. Grasic, E. Davies, A. Lindgren & A. Doria, “The Evolution of a DTN Routing Protocol – ProPHETv2,” 2011.

Schiller, J,. “ Mobile Communication”, Great Britain: Biddles, 2003.

Vahdat, Amin & Becker, David. “Epidemic Routing for Partially-connected Ad Hoc Network”. Technical Report CS-200006. Duke University, April 2000. Diakses dari http://ieeexplore.ieee.org/Xplore/, diunduh pada Oktober 2016.

Zhang, Z. (2014) “Energy Consumption Analysis of Delay Tolerant Network Routing Protocols”, International Journal of Software Engineering and Its Applications, 8 (2), pp. 1-10.

Published
2017-03-07
How to Cite
Prabowo, G. H., Munadi, R. and Yovita, L. V. (2017) “Analisis Performansi ProPHETv2 Routing Berbasis Vehicular Delay-Tolerant Network pada Daerah Rural”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/454 (Accessed: 25April2024).