Simulasi Peredam Aktif Secara Komputasional Analisa Karakteristik Kebisingan Knalpot Sepeda Motor Sistem Kendali Kebisingan Aktif Metode Elemen Hingga

  • Rinaldo Hasibuan Universitas Sumatra Utara
  • Erwinsyah Batubara

Abstract

Simulasi  kendali  kebisingan  aktif  pada  knalpot  ini merupakan  upaya  peneliti  untuk membantu mengurangi pencemaran suara yang bersumber dari knalpot sepeda motor khususnya di daerah perkotaan  padat  penduduk.  Selain  itu, penelitian  ini bermanfaat untuk  mempermudah  dan menghemat biaya, serta waktu penelitian sebelum sistem kendali kebisingan aktif dirancang. Simulasi akustik ini bertujuan untuk mengetahui kinerja sistem kendali kebisingan aktif yang dipasang pada knalpot, dan menginterpretasi kontur kebisingan di sekitar knalpot dalam penelitian ini jarak titik pengukuran  terhadap  sumber kebisingan  adalah  1  m terhadap  masing-masing  sumbu  (X, Y, Z). Penelitian ini terbagi dalam beberapa tahap, di antaranya: pertama, mengukur dimensi setiap komponen, yang terdiri dari knalpot, speaker, dan pipa paralon, selanjutnya melakukan pemodelan setiap  komponen   tersebut   dengan   bantuan   komputer. Kedua,  merekayasa   model   dengan mendefenisikan material bahan stiap komponen  yang sesuai dan membagi setiap komponen ke dalam bentuk yang lebih kecil, yang disebut dengan mesh. Ketiga, merekayasa parameter yang terlibat terhadap  kondisi sebenarnya,  di  antaranya,  yaitu  mendefenisikan  kondisi  batas,  menetapkan excitation. Kemudian tahap yang terakhir adalah menentukan hasil yang diinginkan, yaitu sound pressure level (SPL). Kesimpulan dari simulasi yang telah dilakukan adalah bahwa sistem kendali kebisingan aktif ini bekerja baik pada putaran rendah, yaitu pada putaran 1000 diperoleh nilai reduksi kebisingan sebesar 2 db. Dan sebaliknya sistem kendali kebisingan aktif ini tidak bekerja pada ptaran tinggi, yaitu pada putaran 4000 tidak dapat mereduksi kebisingan. Selain itu, disimpulkan juga bahwa hasil simulasi lebih kecil sebesar 14 db atau sekitar 23% dari hasil yang diperoleh melalui pengukuran langsung secara eksperimental menggunakan alat SPL.

 

Kata Kunci: excitation, mesh, kontur, parameter, rekayasa.

References

Howard, Carl Q. dan Cazzolato, Benjamin S.

Acoustic Analyses Using MATLAB® and ANSYS®. Taylor & Francis Group. London, 2015

Crocker, Malcolm J. Handbook Of Noise And Vibration Control. John Wiley & Sons. Canada, 2007

Munjal, M. L. Acoustics of Ducts and Mufflers With Application to

Exhaust and Ventilation System Design. John Wiley & Sons, 1987

Acoustics Analysis Of Speaker. ANSYS, Inc. 2011

Ansys Mechanical APDL Acoustic Analysis Guide. ANSYS, Inc. 2013

ANSYS Mechanical APDL Theory Reference.

ANSYS, Inc. 2013

ANSYS Mechanical User's Guide. ANSYS, Inc.2013

Published
2017-03-07
How to Cite
Hasibuan, R. and Batubara, E. (2017) “Simulasi Peredam Aktif Secara Komputasional Analisa Karakteristik Kebisingan Knalpot Sepeda Motor Sistem Kendali Kebisingan Aktif Metode Elemen Hingga”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/465 (Accessed: 18June2024).