Analisis Arah Angin Pembentuk Gumuk Pasir Berdasarkan Data Morfologi dan Struktur Sedimen, Daerah Pantai Parangtritis, Daerah Istimewa Yogyakarta.

  • Herning Dyah Kusuma Wijayanti STTNAS Yogyakarta
  • Fikri Abubakar

Abstract

Gumuk pasir di Parangtritis merupakan satu-satunya bentang alam eolian di Indonesia. Proses pembentukan gumuk pasir ini dipengaruhi oleh interaksi dari kekuatan gelombang dan angin di Pantai Selatan Jawa. Arah angin pembentuk gumuk pasir dapat diketahui dengan melakukan analisa arus  yang terekam pada struktur sedimen. Bentukan dari gumuk pasir tersingkap dengan baik di pinggir jalan parangtritis digunakan sebagai lokasi pengamatan gumuk pasir beserta struktur sedimen silang siur dan gelembur arus yang berkembang. Sebanyak 100 data pengukuran dilakukan pada lapisan silang siur dan gelembur arus. Data tersebut diolah ke dalam diagram mawar untuk mengetahui arah maksimum dari angin. Morfologi gumuk pasir berdasarkan citra dan pengamatan di lapangan diinterpretasikan termasuk tipe barchan. Arah angin pembentuk gumuk pasir dari hasil analisa morfologi gumuk pasir mengarah ke N330oE. Data pengukuran struktur silang siur menunjukkan pola bimodal oblique dimana arus berasal dari arah N290oE dan arah N70oE. Berdasarkan arah dan ketebalan set dalam silang siur yang terbentuk maka dapat diinterpretasikan bahwa angin yang bertiup dari arah N290oE memiliki durasi yang lebih lama. Struktur gelembur gelombang yang dijumpai di bagian permukaan gumuk termasuk dalam tipe undulatory atau sinous. Pengukuran arah arus terhadap gelembur menunjukkan arah N325oE. Perbedaan hasil dari pengukuran dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang pertama karena bentukan morfologi yang terpengaruh oleh aktifitas manusia atau adanya vegetasi, faktor ke dua kemungkinan adanya perubahan arah angin pembentuk gumuk pasir.

 

Kata Kunci: analisa arus, gumuk pasir, struktur sedimen

References

Ahlbrandt, T.S and Fryberger, S. G., 1982, Sandstone Depositionall Environment; Introduction to Eolian Deposit, AAPG Memoir 31, Tulsa, p 11- 47.

Collinson, J.D. and Thompson, D.B., 1982, Sedimentary Structures, George Allen & Unwin (Punlishers) Ltd., London, 280p

Potter, P.E. & Pettijohn, F.J., 1977, Paleocurrents and basin analysis, Springer-Verlag, Berlin.

Google Earth Images, Online, diakses di google earth, diakses pada tanggal 18 November 2016.

Published
2017-03-16
How to Cite
Wijayanti, H. D. K. and Abubakar, F. (2017) “Analisis Arah Angin Pembentuk Gumuk Pasir Berdasarkan Data Morfologi dan Struktur Sedimen, Daerah Pantai Parangtritis, Daerah Istimewa Yogyakarta.”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/503 (Accessed: 19July2024).