Perancangan Alat Identifikasi Keaslian Dan Nominal Mata Uang Kertas Real Time Untuk Penyandang Tunanetra Berbasis Template Matching Dengan Raspberry Pi

  • Cucu Alex Zaenudin Universitas Telkom
  • Ledya Novamizanti Universitas Telkom

Abstract

Kemajuan ilmu teknologi pengolahan citra digital (digital image processing) yang semakin pesat dapat mempermudah kehidupan manusia. Pengolahan citra yang mentransformasikan masukan citra menjadi keluaran suara dapat bermanfaat salah satunya untuk membantu kaum tunanetra dalam mengidentifikasi nilai uang kertas karena tunanetra memiliki keterbatasan dalam melihat. Masukan citra dari uang kertas tersebut akan dikonversi menjadi suara untuk membantu kaum tunanetra dalam mengetahui keaslian dan nominal uang kertas. Maka dari itu, diperlukan adanya suatu sistem yang dapat menangkap objek uang kertas untuk diidentifikasi keaslian dan jenis nominalnya yang kemudian diubah menjadi keluaran suara dengan waktu nyata (real time). Metode yang diaplikasikan pada proyek akhir ini yaitu dengan menggunakan metode template matching serta perangkat lunak pendukung yaitu OpenCV (Open Source Computer Vision) yang terintegrasi pada Raspberry Pi. Digunakannya metode template matching dengan perbandingan adalah untuk memudahkan pengguna dalam tracking objek secara sederhana. Tahapan dalam proses tracking objek ini di antaranya yaitu proses pengambilan gambar dari webcam untuk database-nya, kemudian proses cropping gambar untuk memisahkan background dengan objek, dan kemudian proses matching antara gambar database dengan gambar yang ditangkap oleh webcam dalam waktu nyata, sehingga program dapat membandingkan gambar database yang tersimpan dengan gambar yang ditangkap dari webcam. Apabila cocok dengan database, dihasilkan output berupa suara yang sesuai dengan nominal pada objek uang kertas.

Kata Kunci: Template Matching, OpenCV,  Image Processing,  Raspberry Pi, Webcam

References

S.W. Andrian., 2012 "Jumlah tunanetra di Indonesia setara dengan penduduk Singapura",[online],(https://www.merdeka.com/peristiwa/jumlah-tunanetra-di indonesia-setara-dengan-penduduk-singapura.html).

Sa'idah, Sofia. 2012. Identifikasi Keaslian Mata Uang Menggunakan Commodity Scanner Ditinjau Dari Tekstur Permukaan Kertas Dengan Transformasi Wavelet Dan Template Matching. Telkom University.

Saputra, Indra Gunawan. 2016. Implementasi Metode Jaringan Saraf Tiruan (JST) Pada Alat Deteksi Nilai Nominal Uang. Telkom University.

Atmaja, R. D., Novamizanti, L., Halomoan J. and Murti, M. A.(2017). “An Image Processing Algorithm To Find Edges In Grayscale Image,”. India : Far East Journal of Electronics and Communications, pp. 7.

Raspberry Pi. "Raspberry Pi 3 Model B". [online].(https://www.raspberrypi.org/?s=raspberry+pi+3).

Uang. "Uang Kertas". [online].( https://id.wikipedia.org/wiki/Uang)

Sutoyo, T, dkk. 2009, “Teori Pengolahan Citra Digital”, Penerbit Andi, Yogyakarta hal 9 - 27.

Achmad Hidayatno, R. Rizal Isnanto, Dhody Kurniawan, Penentuan Wilayah Wajah Manusia Pada Citra Berwarna Berdasarkan Warna Kulit Dengan Metode Template Matching, Jurnal Teknologi Elektro, Vol 5 No 2, Juli 2006.

Brunelli R. and Poggio, T.(1997). “Template Matching: Matched Spatial Filters And Beyond,”. USA : Elsevier Science Ltd, Vol. 30, No. 5, pp. 751-768.

Published
2018-03-11
How to Cite
Zaenudin, C. A. and Novamizanti, L. (2018) “Perancangan Alat Identifikasi Keaslian Dan Nominal Mata Uang Kertas Real Time Untuk Penyandang Tunanetra Berbasis Template Matching Dengan Raspberry Pi”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/596 (Accessed: 22June2024).