Investigasi Empiris Penerimaan Teknologi e-Transportasi di Indonesia Menerapkan Technology Acceptance Model (TAM)

  • Tri Lathif Mardi Suryanto Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Abstract

Penerapan e-transportasi telah menjadi bagian dari budaya perkembangan digitalisasi, adanya peningkatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) di seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia membentuk pertumbuhan ekonomi dibidang transportasi semakin berkembang pesat. Maraknya resistensi terhadap penerapan e-transportasi menjadi fenomena yang sangatlah penting untuk dapat diteliti faktor-faktor yang dapat mempengaruhi niat pelanggan untuk menggunakan e-transportasi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan model penerimaan teknologi (Technology Acceptance Model) yang kemudian disingkat TAM untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi niat pelanggan dalam menggunakan sistem e-transport. Kuesioner sampling acak digunakan untuk mengumpulkan data 400 pelanggan di Indonesia. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode Warp Parsial Least Squares (WarpPLS) dengan teknik analisis statistik Path Analysis berdasarkan Structural Equation Modelling (SEM). Studi ini menemukan efek positif yang signifikan antara perceived usefulness dan attitude toward behavior terhadap behavioral intention. Sedangkan faktor paling berpengaruh terhadap niat pelanggan untuk menggunakan e-transportasi adalah sikap pelanggan, dengan demikian resistensi terhadap e-transportasi akan selalu ada namun sebagian telah memiliki sikap menerima e-transportasi sebagai budaya baru dalam menentukan mode transportasi umum.

Kata Kunci: Analisis Jalur, e-Transportasi, Niat Perilaku, TAM, SEM.

References

Al-jumeily, B. A. D., Lunn, J., & Laws, A. (2011). An Adoptive Technology Acceptance Model within the Oman Secondary System for Geography Teaching and Learning, 2011 Developments in E-systems Engineering, 282–286.

Davis,F.D,Bagozzi,P.R, Warshaw, P. User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two theoretical Models.Management Science, 1989,35: pp.982-1003.

Davis,F.D., Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology.MIS Quarterly, 1989,13(3): pp.319-340.

Fatimah, Y. A. & Panca O. Hadi Putra and Zainal A. Hasibuan (2016) ,E-business Adoption and Application Portfolio Management in Remanufacturing Small and Medium Enterprises, 2016 International Conference on Informatics and Computing (ICIC)

Hong, J., Tai, K., (2011). Applying the Technology Acceptance Model to Investigate the Factors Comparing the Intention between EIVG and MCG Systems, 29–30.

Islam, T. (2016). Understanding Customers ’ Intention to Use e- commerce in Bangladesh : An Application of the Technology Acceptance Model ( TAM ), 19th International Conference on Computer and Information Technology, December 18-20, 2016, North South University, Dhaka, Bangladesh (512–516).

Kamaluddin, Rustian, 2003. Ekonomi Transportasi Karakteristik, Teori dan Kebijakan. Jakarta: Ghalia Indonesia

Mutua, J., I. Oteyo, and A. Njeru, (2013). The strategic value of e-commerce useion among small and mediam enterprises in Nairobi, Kenya. in Proceedings of the 2013 Mechanical Engineering Annual Conference on Sustainable Research and Innovation.

Opitz, N., Schmidt, N. H., & Kolbe, L. M. (2012). Technology Acceptance of Cloud Computing: Empirical Evidence from German IT Departments. 2012 45th Hawaii International Conference on System Sciences

Setyohadi, D. B., Aristian M., Sinaga, B.L., and Hamid, N. A. A., (2017). Social Critical Factors Affecting Intentions and Behaviours to Use E-Learning: An Empirical Investigation Using Technology Acceptance Model. Asian J. Sci. Res., 10 (4): 271-280, 2017

Shih, H. (2004). Extended technology acceptance model of Internet utilization behavior, 41(48), 719–729.

Venkatesh,V., Davis,F.D.,A theoretical extension of the technology acceptance model: Four longitudinal field studies. Management Science,2000,46: pp.186-205.

Venkatesh,V.,Morris,G.M.,Davis,G.B.,Davis,F.D.,User acceptance of information technology:Toward a unified view. MIS Quarterly,2003,27(3): pp.425-478

Widiatmika, I.M.A.A., dan Sensuse, D.I, (2014). Pengembangan Model Penerimaan Teknologi Internet Oleh Pelajar dengan Menggunakan Konsep Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Sistem Informasi MTI-UI, Volume 4, Nomor 2, ISBN 1412-8896

S. Pavic, S. C. L. Koh, M. Simpson, and J. Padmore, “Could e-business create a competitive advantage in UK SMEs?,†Benchmarking An Int. J., vol. 14, no. 3, pp. 320–351, 2007.

P. O. Hadi Putra and Z. A. Hasibuan, “E-Business Framework for Small and Medium Enterprises: A Critical Review,†in 2015 3rd International Conference on Information and Communication Technology (ICoICT) (ICoICT 2015), 2015.

P. O. Hadi Putra and Z. A. Hasibuan, “The Relationship Between Enterprise Internationalization and E-business Adoption : A Perspective of Indonesian SMEs,†in International Conference on Information Society (i-Society 2015), 2015, pp. 122–126

Published
2018-03-11
How to Cite
Suryanto, T. L. M. (2018) “Investigasi Empiris Penerimaan Teknologi e-Transportasi di Indonesia Menerapkan Technology Acceptance Model (TAM)”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/600 (Accessed: 24December2024).