Studi Eksperimental Separasi Air dan Minyak pada Liquid-Liquid Cylindrical Cyclone (LLCC)

  • Muhammad Hanif Ramadhan Pusat Studi Energi, UGM Yogyakarta

Abstract

Separator air dan minyak dibutuhkan dalam berbagai hal di dunia industri. Dalam dunia perminyakan, separator air dan minyak digunakan baik dalam proses eksplorasi ataupun dalam proses penganggulangan pencemaran minyak pada air laut. Salah satu jenis separator yang dapat digunakan adalah liquid-liquid cylindrical cyclone (LLCC). Penelitian ini berfokus pada pengaruh kecepatan aliran masuk terhadap hasil separasi pada LLCC. Kecepatan aliran masuk divariasikan pada nilai 0,7m/s; 0,8m/s; 0,9m/s; dan 1,1m/s. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa semakin tinggi kecepatan aliran masuk, maka watercut pada underflow yang dihasilkan akan semakin rendah pada nilai split-ratio yang sama. Hal tersebut juga berlaku pada fraksi minyak pada overflow dan semakin tinggi nilai split-ratio maka watercut yang dihasilkan pada underflow akan semakin tinggi. Namun ada perbedaan grafik fraksi minyak pada overflow pada kecepatan 0,7-0,8 m/s dan 0,9-1,1m/s. Hal tersebut diakibatkan karena aliran yang masuk tidak mampu mengikuti jari-jari kelengkungan dari LLCC. Pada penelitian ini nilai watercut  tertinggi yang mampu dihasilkan adalah hampir mencapai 100% pada nilai split-ratio 90%.

Kata Kunci: Separator Air-Minyak, Hydrocyclone, Water Extraction.

References

Gomez, Carlos Herman; (2001),’Oil water separation in liquid-liquid hydrocyclones (LLHC) experiment and modeling’, Master of Science Thesis in the Dicipline of Petroleum Engineering, The Graduate School University of Tulsa.

Escobar, Oscar M.; (2005), ‘Performance evaluation of a modified liquid-liquid cylindrical cyclone (LLCC) separator’, Master of Science Thesis in the Dicipline of Petroleum Engineering, The Graduate School University of Tulsa.

Oropeza-Vazquez, C; Gomez, E.A.L; Wang, S; Mohan, R; Shoham, O & Kouba, G; (2004), 'Oil-water separation in a novel liquid-liquid cylindrical cyclone (llcc) compact separator-experiment and modelling', Journal of Fluids Engineering, pp. 553-563.

Afanador, Edelmira.; (1999), ‘Oil-water separation in liquid-liquid cylindrical cyclone separators’, Master of Science Thesis in the Dicipline of Petroleum Engineering, The Graduate School University of Tulsa.

Published
2018-03-12
How to Cite
Ramadhan, M. H. (2018) “Studi Eksperimental Separasi Air dan Minyak pada Liquid-Liquid Cylindrical Cyclone (LLCC)”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/646 (Accessed: 5May2024).