Analisis Pengaruh Jenis Bahan Bakar terhadap Daya dan Konsumsi Bahan Bakar menggunakan Alat Hydro Crack System pada Engine stand Tipe 5k

  • Ode Ramadhani Universitas Brawijaya Malang

Abstract

Semakin berkurangnya persediaan minyak bumi di dunia mendorong manusia untuk menghasilkan tekhnologi altenatif yang dapat mengurangi konsumsi bahan bakar engine. Hydrocarbon Crack System merupakan tekhnologi alternatif yang bertujuan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar engine dan meningkatkan daya.Tujuan dari penelitian ini adalah alat penghemat bahan bakar yang bisa digunakan masyarakat umum dengan harga terjangkau.dengan alat ini di harapkan dapat meningkatkan daya kendaraan dan menurunkan konsumsi bahan bakar. Metode penelitian ini digunakan Two way anova double factor menggunakan program pengolah angka Microsoft Excel untuk mengolah data dari hasil pengujian alat. Peneliti menggunakan variasi jenis bahan bakar dan RPM sebagai objek penelitian untuk menguji kehandalan alat penghemat bahan bakar Hydrocarbon Crack System.Variasi jenis bahan bakar yang digunakan adalah pertamax dengan oktan 92, pertamax dengan oktan 95 dan v-power dengan oktan 98.dari penelitian ini dapat diketahui pengaruh jenis bahan bakar terhadap kinerja engine. Hasil dari penelitian ini adalah  pengujian daya alat hydro crack system memiliki kenaikan sebesar 0,25% pada bahan bakar pertamax;1,58% pada bahan bakar pertamax plus dan 17% pada bahan bakar v-power. Pada pengujian konsumsi bahan bakar, hydro crack system memiliki penurunan konsumsi sebesar 1,47% pada bahan bakar pertamax; 4,8% pada bahan bakar pertamax plus; dan 5,5% pada bahan bakar v-power.

Kata kunci: HCS, daya, konsumsi,bahan bakar

References

Santoso,Anwar, 2008,Rumus Kimia Lengkap,Wahyu Media,Jakarta.

Harwood,Petruci, 2007, Kimia Dasar Prinsip – Prinsip dan Aplikasi Modern,Erlangga,Jakarta.

Daryanto,2011,Prinsip Dasar Mesin Otomotif,Alfabeta,Bandung.

Collins, Chris (2007). Implementing Phytoremediation of Petroleum Hydrocarbons.Methods in Biotechnology 23. Humana Press. hlm. 100. ISBN 1588295419.

A. S. Seleznev, L. A. Petrov, O. N. Chupakhin, V. I. Kononenko, I. A. Chupova and A. V. Ryabina. 2009). Physicochemical Studies of Systems and Processes Cobalt-containing catalytic systems alloyed with rare and rare-earth metals as catalysts for synthesis of hydrocarbons from CO and H2. Russian Journal of Applied Chemistry. 82(5), 820-825.

Putra, D.R. (2009). Kajian Eksperimental Pengaruh Penggunaan Gas Hasil Elektrolisis terhadap Unjuk Kerja Motor Diesel. Jurnal Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, FTK-ITS 5 (1), 12

Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfa Beta

Published
2018-03-12
How to Cite
Ramadhani, O. (2018) “Analisis Pengaruh Jenis Bahan Bakar terhadap Daya dan Konsumsi Bahan Bakar menggunakan Alat Hydro Crack System pada Engine stand Tipe 5k”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/649 (Accessed: 5May2024).