Redesain Dan Modifikasi Tungku Bakar Arang Untuk Proses Pemanasan Dan Pematrian Di Industri Ukir Tembaga

  • Yusuf Umardani Universitas Diponegoro

Abstract

Industri Ukir Tembaga dan Kuningan Bintang Pamungkas dan binaannya merupakan salah satu industri tembaga dan kuningan yang masih eksis di Tumang Cepogo Boyolali. Keberadaan industri ukir tembaga dan kuningan di Kelurahan Tumang Cepogo memberikan potensi yang besar terutama di bidang ekonomi, sosial, pendidikan dan lapangan kerja. Tujuan yang telah dicapai dalam kegiatan penerapan teknologi adalah desain dan pembuatan mesin pembangkit kalor model tungku berbahan bakar arang. Tungku arang sebagai pembangkit kalor terdiri dari ruang bakar, pipa saluran udara bertekanan, blower dan lingkungan dasaran. Lingkungan dasaran pendukung ruang bakar didesain dengan ukuran panjang 3 m, lebar 2 m dan tinggi 15 cm. Ruang bakar dibuat dengan diameter 20 cm dan kedalaman 15 – 20 m. Pipa saluran udara bertekanan dan luaran blower dirancang dengan diameter 2,5 – 3 inch.

Kata kunci:  tungku, arang, blower, ukir, tembaga, kuningan.

References

Brown, J, 1998,’’Advanced Machining Tecnology Handbook’’, McGraw-Hill

Groover, M.P., 1996,’’Fundamentals of Modern Manufacturing: Material, Process and Systems’’, Prentice-Hall.Inc, Asimon & Schulter Company.

Juvinall, R.C, 1967, ’’Stress, Strain and Strength’’, McGraw-Will Book Company New York.

Khurmi, R.S., 1980,’’A Text Book Machine Design’’, Eurasia Publising House. Ltd, New Delhi.

Manarang, 2014,’’Membuat Tungku Hemat Energi ( Rocket Stove )’’, Pawon-Rumahku. Blogspot@20014.

Ramdhani,Y, 2014,"Kompor Etam" Media Pemanfaatan Limbah Biomassa Sebagai Solusi Alternatif Bijak Energi Untuk Bumi’’, (Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Bali, NTB, NTT dan Papua) 082120123788 7cc5a03d

Sumanto, 2017,’’Album Produk Ukir Tembaga dan Kuningan CV Pamungkas’’, CV Pamungkas Cepogo Boyolali.

Sumanto, 2017,’’Industri Ukir Tembaga dan Kuningan CV Pamungkas di Cepogo’’, Survey langsung di CV Pamungkas Cepogo Boyolali.

Published
2018-03-12
How to Cite
Umardani, Y. (2018) “Redesain Dan Modifikasi Tungku Bakar Arang Untuk Proses Pemanasan Dan Pematrian Di Industri Ukir Tembaga”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/653 (Accessed: 4May2024).