KENDALI PENSTABIL FREKUENSI DAN TEGANGAN UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK MIKROHIDRO MENGGUNAKAN BEBAN KOMPLEMEN DENGAN PENGENDALI PID DAN PWM

  • Ana Ningsih Fakultas Teknik UGM
  • Oyas Wahyunggoro Fakultas Teknik UGM
  • M Isnaeni BS Fakultas Teknik UGM

Abstract

Pemanfaatan energi air yang mengalir dari ketinggian tertentu yang kemudian dimanfaatkan untuk memutar kincir turbin dan diubah menjadi energi listrik atau yang disebut pembangkit listrik mikrohidro merupakan salah satu solusi dalam masalah krisis energi selama ini. Selain itu, kestabilan tegangan sangat diperlukan dalam kelangsungan penggunaan pembangkit listrik. Tegangan yang tidak stabil membuat peralatan listrik (beban) mudah rusak. Untuk mengurangi ketidakstabilan ada berbagai cara, salah satunya yaitu menggunakan rangkain kendali elektronik beban semu/ komplemen. Intinya generator akan dibebani dengan total beban yang selalu konstan, beban pada konsumen ditambah beban komplemen (semu) sama dengan kapasitas nominal generator. Penelitian ini menggunakan generator 3 phase dan motor induksi 3 phase sebagai mesin penggerak, beban utama menggunakan lampu dan beban semu menggunkan pemanas. Kendali utama menggunakan mikrokontroler Dspic30f4012 dihubungkan dengan sensor tegangan. Mikrokontroler bekerja menggunakan PWM dengan umpan balik menggunakan PID, yang kemudian PWM memberikan informasi pulsa ke rangkaian penggerak beban. Penggunaan PID pada sistem kendali ini akan menghasilkan tegangan di generator pada 50 Hz dan 220Vac baik ada beban ataupun tidak. Sehingga tegangan yang disalurkan ke konsumen stabil dan tidak merusak peralatan elektronik.

References

Jasa, L, Hery, M, (2010) ” Aplikasi Neural Network Pada System Control Turbin Mikro hidro”, Lontar Komputer vol. 1 no.1, Desember

Inggih Surya Permana, Yahya Chusna Arief, Suryono “ Rancang Bangun Pengontrolan Beban Secara Elektronik Pada Pembangkit Listrik (perangkat lunak)”, ST, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Surabaya, Indonesia.

Mbabazi, Leari, (2010), “Analysis and Desain of Electronic Load Controllers for Micro-hydro Systesm in the Developing World”, University of Sheffield, E-Future.

Zuhal, Zhanggischan, (2004), “Prinsip Dasar Elektronika”, Gramedia.

Published
2015-11-03
How to Cite
Ningsih, A., Wahyunggoro, O. and Isnaeni BS, M. (2015) “KENDALI PENSTABIL FREKUENSI DAN TEGANGAN UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK MIKROHIDRO MENGGUNAKAN BEBAN KOMPLEMEN DENGAN PENGENDALI PID DAN PWM”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/66 (Accessed: 16June2024).