Simulasi Pergerakan Evakuasi Bencana Tsunami Menggunakan Algoritma Boids dan Pathfinding Movement of the Tsunami Evacuation Simulation Using Boids and Pathfinding Algorithm

  • I Made Pasek Mudhana Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Mauridhi Hery Purnomo Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Supeno Mardi Susiki Nugroho Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Abstract

Musibah bencana alam tsunami yang terjadi menerjang Indonesia khususnya Aceh dan sekitarnya yang memakan banyak korban, telah memberikan gambaran kebutuhan evakuasi dini pada saat terjadi suatu musibah, khususnya Tsunami. Penelitian ini mensimulasikan pergerakan kerumunan orang untuk bergerak menuju suatu titik evakuasi pada saat terjadinya gempa bumi yang diperkirakan menimbulkan bahaya tsunami. Simulasi ini menentukan jarak terdekat/terpendek dari posisi individu, meminimalkan terjadinya tabrakan dalam menghindari segala hambatan yang ditemui baik hambatan statis maupun dinamis yang ditemui pada saat melewati rute jalan yang telah ditentukan. Penerapan model kerumunan diselesaikan dengan menggunakan algoritma boids, yang didalamnya terdiri dari algoritma flocking, obstancle avoidance, collition detection, dengan ditambahkan dengan algoritma pathfinding.

References

Abrahams, John, (1994) , Fire escape in difficult circumstances ,chapter 6, In: Stollard

Aspelin, K, (2005), Establishing Pedestrian Walking Speeds, Karen Aspelin, P.E.,P.T.O.E., ITE District 6 Technical Chair Parsons Brinckerhoff Albuquerque, New Mexico. Portland State University.

BNPB (2012) Masterplan Pengurangan Resiko Bencana Tsunami

Compsci, (2006), Collision Detection Tutorial, at http://compsci.ca/v3/ viewtopic.php?t=13661 [Maret 2014]

Cui, X, (2006), A Flocking Based Algorithm for Document Clustering Analysis, Journal of System Architecture

Dewi, Meilany, (2012), Simulasi Pergerakan Pengunjung Mall Menggunakan Flocking dan Obstacle Avoidance, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Tesis

Maulana, S, N, (2010), Penggunaan Struktur Data Quad-Tree dalam Algoritma Collision Detection pada Vertical Shooter Game,Makalah IF3051 Strategi Algoritma Sem.I Tahun 2010/2011, Institut Teknologi Bandung, Bandung

Reynolds, C.W, (2010), Steering Behaviors For Autonomous Characters, http://www.red3d.com/cwr/steer/gdc99/ [Maret 2014]

Stuart Russell, Peter Norvig, (1995), Artificial intelligence : a modern approach Prentice- Hall, Inc. A Simon and Schuster Company, Englewood Cliffs, New Jersey 07632

Undang-undang Nomor 24 Tahun (2007), Penggulangan Bencana

Wikipedia, (2014), A* search algorithm, at http://en.wikipedia.org/wiki/A* search algorithm [Juni 2014]

Published
2015-11-29
How to Cite
Pasek Mudhana, I. M., Hery Purnomo, M. and Mardi Susiki Nugroho, S. (2015) “Simulasi Pergerakan Evakuasi Bencana Tsunami Menggunakan Algoritma Boids dan Pathfinding Movement of the Tsunami Evacuation Simulation Using Boids and Pathfinding Algorithm”, ReTII, 00. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/83 (Accessed: 25April2024).