Analisis Masa Pakai Kapur (CaCO3) dan Zeolit Alam Sebagai Bahan Penetral Air Asam dan Penyerap Kadar Logam Fe pada Kolam Pengendapan (Settling Pond) PT.SAG KSO PT.Semen Kupang

  • Matilda Metboki Universitas Pembangunan Nasioanl "Veteran" Yogyakarta
  • Yohana Lake Universitas Pembangunan Nasioanl "Veteran" Yogyakarta

Abstract

Batubara merupakan salah satu bahan bakar disamping minyak dan gas bumi dan panas bumi. Dalam pemanfaatannya, PT. SAG KSO PT. Semen Kupang memanfaatkan batubara sebagai bahan bakar. Stockpile batubara PT. SAG KSO PT. Semen Kupang terletak pada area terbuka sehingga dapat memicu terbentuknya air asam tambang yang cepat. Air asam tambang (AAT) merupakan air tambang dengan pH rendah (1-5) yang berasal dari oksidasi pirit yang mengandung sulfida dengan air dan udara sehingga menghasilkan asam sulfida (H2SO4) yang mengandung sulfat bebas. Penanganan air asam tambang bisa dilakukan dengan cara aktif yaitu penetralan pada kolam pengendapan (settling pond). Dalam pengolahannya digunakan kapur (CaCO3) untuk menaikkan pH air dan zeolit alam untuk menurunkan kadar logam Fe air pada kolam pengendapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masa pakai kapur (CaCO3) untuk menaikkan pH air dan masa pakai zeolit untuk menurunkan kadar logam Fe air pada kolam pengendapan (settling pond). Metode yang digunakan adalah metode analisis laboratorium. Berdasarkan hasil pengujian laboratorium masa pakai kapur (CaCO3) dapat digunakan sebanyak 6 kali penggunaan untuk mencapai pH konstan 8,53 dari pH awal 5,98. Sedangkan masa pakai zeolit alam untuk penurunan kadar Fe dari 1,572 mg/l menjadi 0,164 mg/l yaitu dengan jumlah penggunaan sebanyak 9 kali perulangan, untuk mencapai kadar Fe konstan terendah.

Kata kunci: air asam, Fe, kapur (CaCO3), kolam pengendapan, pH, zeolit

Author Biography

Matilda Metboki, Universitas Pembangunan Nasioanl "Veteran" Yogyakarta
Jurusan Teknik Pertambangan
Published
2018-11-26
How to Cite
Metboki, M. and Lake, Y. (2018) “Analisis Masa Pakai Kapur (CaCO3) dan Zeolit Alam Sebagai Bahan Penetral Air Asam dan Penyerap Kadar Logam Fe pada Kolam Pengendapan (Settling Pond) PT.SAG KSO PT.Semen Kupang”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/977 (Accessed: 22June2024).