Pembelajaran Geometri SMA Menggunakan GeoGebra Bagi Guru MGMP Matematika Cimahi Matematika Cimahi

  • Hedi Politeknik Negeri Bandung
  • Sri Nur Yuliyawati Politeknik Negeri Bandung
  • Anny Suryani Politeknik Negeri Bandung
  • Iis Sulyaningsih Politeknik Negeri Bandung
Kata Kunci: geometri, matematika, GeoGebra

Abstrak

Pembelajaran matematika sering dikeluhkan sebagian besar guru SMA karena kurang  dapat menarik minat siswa. Hal ini dapat diatasi dengan menerapkan software matematika sehingga berdampak positif meningkatkan minat belajar siswa. Sehubungan dengan hal itu, dilakukan, “Pembelajaran Geometri Menggunakan GeoGebra” bagi MGMP Matematika SMA Negeri  Cimahi. Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan guru SMA Cimahi  menyampaikan materi geometri menggunakan GeoGebra. Pelatihan ini diikuti 25 orang  guru yang tergabung dalam MGMP Matematika SMA Cimahi. Pelatihan dilaksankana secara tatap muka di SMA Negeri  Cimahi selama 40 jam dengan durasi   lima minggu. Hasil pelatihan ini menunjukkan topik menentukan “Garis Sejajar, Garis Tegak Lurus, Bidang Segitiga, dan Bidang Segi Empat ”, semua peserta sangat menguasai penggunaan Geogebra. Pada topik Menentukan “Luas, Jarak Titik, jarak bidang, Sudut, dan Volum”, hampir semua peserta sangat menguasai penggunaan Geogebra dan hanya bebera peserta yang kurang menguasai. Pada topik membuat gambar dan animasi “Kubus, Balok, dan Limas” , sebagian besar peserta sangat menguasai, terdapat beberapa peserta  yang menguasai dan hanya sebagian kecil masih kurang menguasai. Dengan demikian, pelatihan ini telah meningkatkan kompetensi guru-guru matematika peserta pelatihan dalam mengoperasikan software GeoGebra dalam pembelajaran Geometri. Hal ini sangat mendukung proses pembelajaran matematika di kelas yang diampunya sehingga peserta didiknya antusias.

 

Kata kunci : geometri, matematika, GeoGebra

Referensi

[1] D. Juandi, Y. S. Kusumah, M. Tamur, K. S. Perbowo, dan T. T. Wijaya, “A meta-analysis of Geogebra software decade of assisted mathematics learning: what to learn and where to go?,” Heliyon, vol. 7, no. 5, hal. e06953, 2021, doi: 10.1016/j.heliyon.2021.e06953.
[2] C. Trelles-Zambrano, X. Toalongo, dan N. Gonzáles, “Implementation of a didactic situation of linear programming through geogebra software,” Proc. - 14th Lat. Am. Conf. Learn. Technol. LACLO 2019, hal. 110–115, 2019, doi: 10.1109/LACLO49268.2019.00028.
[3] F. R. E. Novilanti dan S. Suripah, “Alternatif Pembelajaran Geometri Berbantuan Software GeoGebra di Masa Pandemi Covid-19Alternatif Pembelajaran Geometri Berbantuan Software GeoGebra di Masa Pandemi Covid-19,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, hal. 357–367, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i1.538.
[4] P. Pirklová dan D. Bímová, “GeoGebra book containing worksheets for Monge projection,” AIP Conf. Proc., vol. 2172, no. November, 2019, doi: 10.1063/1.5133512.
[5] A. M. Ya’Acob, M. Mohamed, dan W. N. M. Ariffin, “Web based and geometry learning module for Form 4 & 5 using GeoGebra,” AIP Conf. Proc., vol. 1775, 2016, doi: 10.1063/1.4965210.
[6] A. Hernández, J. Perdomo-Díaz, dan M. Camacho-Machín, “Mathematical understanding in problem solving with GeoGebra: a case study in initial teacher education,” Int. J. Math. Educ. Sci. Technol., vol. 51, no. 2, hal. 208–223, 2020, doi: 10.1080/0020739X.2019.1587022.
[7] J. Hall dan G. Chamblee, “Teaching Algebra and Geometry with GeoGebra: Preparing Pre-Service Teachers for Middle Grades/Secondary Mathematics Classrooms,” Comput. Sch., vol. 30, no. 1–2, hal. 12–29, 2013, doi:
[8] Exploring advanced Euclidean geometry with GeoGebra, vol. 51, no. 04. 2013.
Diterbitkan
2022-11-11