Pembelajaran Geometri SMA Menggunakan GeoGebra Bagi Guru MGMP Matematika Cimahi Matematika Cimahi
Abstrak
Pembelajaran matematika sering dikeluhkan sebagian besar guru SMA karena kurang dapat menarik minat siswa. Hal ini dapat diatasi dengan menerapkan software matematika sehingga berdampak positif meningkatkan minat belajar siswa. Sehubungan dengan hal itu, dilakukan, “Pembelajaran Geometri Menggunakan GeoGebra†bagi MGMP Matematika SMA Negeri Cimahi. Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan guru SMA Cimahi menyampaikan materi geometri menggunakan GeoGebra. Pelatihan ini diikuti 25 orang guru yang tergabung dalam MGMP Matematika SMA Cimahi. Pelatihan dilaksankana secara tatap muka di SMA Negeri Cimahi selama 40 jam dengan durasi lima minggu. Hasil pelatihan ini menunjukkan topik menentukan “Garis Sejajar, Garis Tegak Lurus, Bidang Segitiga, dan Bidang Segi Empat â€, semua peserta sangat menguasai penggunaan Geogebra. Pada topik Menentukan “Luas, Jarak Titik, jarak bidang, Sudut, dan Volumâ€, hampir semua peserta sangat menguasai penggunaan Geogebra dan hanya bebera peserta yang kurang menguasai. Pada topik membuat gambar dan animasi “Kubus, Balok, dan Limas†, sebagian besar peserta sangat menguasai, terdapat beberapa peserta yang menguasai dan hanya sebagian kecil masih kurang menguasai. Dengan demikian, pelatihan ini telah meningkatkan kompetensi guru-guru matematika peserta pelatihan dalam mengoperasikan software GeoGebra dalam pembelajaran Geometri. Hal ini sangat mendukung proses pembelajaran matematika di kelas yang diampunya sehingga peserta didiknya antusias.
Kata kunci : geometri, matematika, GeoGebra
Referensi
[2] C. Trelles-Zambrano, X. Toalongo, dan N. Gonzáles, “Implementation of a didactic situation of linear programming through geogebra software,†Proc. - 14th Lat. Am. Conf. Learn. Technol. LACLO 2019, hal. 110–115, 2019, doi: 10.1109/LACLO49268.2019.00028.
[3] F. R. E. Novilanti dan S. Suripah, “Alternatif Pembelajaran Geometri Berbantuan Software GeoGebra di Masa Pandemi Covid-19Alternatif Pembelajaran Geometri Berbantuan Software GeoGebra di Masa Pandemi Covid-19,†J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, hal. 357–367, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i1.538.
[4] P. Pirklová dan D. BÃmová, “GeoGebra book containing worksheets for Monge projection,†AIP Conf. Proc., vol. 2172, no. November, 2019, doi: 10.1063/1.5133512.
[5] A. M. Ya’Acob, M. Mohamed, dan W. N. M. Ariffin, “Web based and geometry learning module for Form 4 & 5 using GeoGebra,†AIP Conf. Proc., vol. 1775, 2016, doi: 10.1063/1.4965210.
[6] A. Hernández, J. Perdomo-DÃaz, dan M. Camacho-MachÃn, “Mathematical understanding in problem solving with GeoGebra: a case study in initial teacher education,†Int. J. Math. Educ. Sci. Technol., vol. 51, no. 2, hal. 208–223, 2020, doi: 10.1080/0020739X.2019.1587022.
[7] J. Hall dan G. Chamblee, “Teaching Algebra and Geometry with GeoGebra: Preparing Pre-Service Teachers for Middle Grades/Secondary Mathematics Classrooms,†Comput. Sch., vol. 30, no. 1–2, hal. 12–29, 2013, doi:
[8] Exploring advanced Euclidean geometry with GeoGebra, vol. 51, no. 04. 2013.
Prosiding ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang.