Sistem Pengatur Lalu-lintas Terjadwal dan Terkoordinasi untuk Persimpangan Gondomanan, Kantor Pos, dan Bintaran

  • Freddy Kurniawan Prodi Teknik Elektro, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto
  • Denny Dermawan Prodi Teknik Elektro, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto
  • Okto Dinaryanto Prodi Teknik Mesin, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto

Abstrak

Salah satu penyebab kemacetan lalu-lintas di Kota Yogyakarta adalah tidak efektifnya pewaktuan pengaturan lalu-lintas oleh alat pengatur lalu-lintas yang ada. Ketidakefektifan ini disebabkan pengatur lalu lalu-lintas tidak dapat mengikuti perubahan kepadatan kendaraan dan tidak adanya koordinasi pewaktuan antara beberapa pengatur berdekatan. Untuk mengatasi hal tersebut dibentuklah prototipe sistem pengatur lalu-lintas terjadwal dan terkoordinasi berbasis mikrokontroler ATmega128A. Sistem ini terdiri dari sebuah pengatur lalu-lintas master yang mewakili pengatur lalu-lintas di persimpangan Gondomanan, dan dua buah pengatur lokal yang mewakili pengatur di Kantor Pos dan Bintaran. Setiap pengatur lalu-lintas mempunyai basis data yang berisi jadwal pewaktuan isyarat lalu-lintas yang akan digunakan untuk pengaturan lalu-lintas. Pengatur master juga melakukan koordinasi atas kerja kedua pengatur lokal dengan cara mengirim data sinkronisasi secara nirkabel. Ketiga pengatur lalu-lintas telah dapat mengatur sesuai jadwal dan terkoordinasi. Prediksi pergerakan kendaraan telah dibuat menjadi diagram trayektori. Hasil analisis menunjukkan bahwa sistem ini dapat menurunkan waktu tempuh kendaraan hingga 40%.

Referensi

Askerzade IN, Mahmood M., (2010). Control the Extension Time of Traffic Light in Single Junction by Using Fuzzy Logic. International Journal of Electrical & Computer Sciences IJECS – IJENS, 10(2): p. 48-55

Federal HighWay Administration, (2008). Traffic Signal-timing Manual. Federal Highway Administration. U.S. Department of Transportation, p. 6.1-6.49.

Jatmiko W, Azurat A, Wibowo AH, Marihot H, Wicaksana M, Takagawa I, Sekiyama K, Fukuda T., (2010). Self-Organizing Urban Traffic Control Architecture with Swarm-Self Organizing Map in Jakarta: Signal Control System and Simulator, International Journal on Smart Sensing and Intelligent Systems, 3(3): p. 443-465.

Kurniawan F., (2014). Prototipe Sistem Pengatur Isyarat Lalu-Lintas Terkoordinasi untuk Simpang Empat Gondomanan dan Bintaran, Jurnal Teknologi, (7)1: hal. 64-72.

Mansur, Agus, Rilo Purnawan, Agung, Nugraha, 2005, Penentuan Durasi Lampu Lalu-lintas di Perempatan Mirota Kampus Jogjakarta yang Optimal dengan Menggunakan Software Arena 5.0, Proceeding Seminar Nasional Teknologi Simulasi dan Aplikasinya untuk Optimasi Industri, Auditorium Pasca Sarjana UGM, 1 – 2 Juni, hal. 108 – 114.

Primantari LFA., (2010). Koordinasi Pengaturan Lampu Lalu Lintas (Studi kasus: Ruas Jalan Prof. Dr. Sorharso - Adi Sucipto - A.Yani - Adi Soemarmo). Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur, 8(12): hal. 13-30.

Xie XF, Smith S, Barlow G., (2012). Schedule-Driven Coordination for Real-Time Trafï¬c Network Control. Proceedings 22nd International Conference on Automated Planning and Scheduling (ICAPS). Atibaia, Sao Paulo, Brazil, p. 323-331.

Zhu H, Fan H, Guo S., (2013). Moving Vehicle Detection and Tracking in Traffic Images based on Horizontal Edges. TELKOMNIKA Indonesian Journal of Electrical Engineering, 11(11): p. 6477-6483.

Diterbitkan
2015-11-29