Sistem Pengatur Lalu-lintas Terjadwal dan Terkoordinasi untuk Persimpangan Gondomanan, Kantor Pos, dan Bintaran
Abstrak
Salah satu penyebab kemacetan lalu-lintas di Kota Yogyakarta adalah tidak efektifnya pewaktuan pengaturan lalu-lintas oleh alat pengatur lalu-lintas yang ada. Ketidakefektifan ini disebabkan pengatur lalu lalu-lintas tidak dapat mengikuti perubahan kepadatan kendaraan dan tidak adanya koordinasi pewaktuan antara beberapa pengatur berdekatan. Untuk mengatasi hal tersebut dibentuklah prototipe sistem pengatur lalu-lintas terjadwal dan terkoordinasi berbasis mikrokontroler ATmega128A. Sistem ini terdiri dari sebuah pengatur lalu-lintas master yang mewakili pengatur lalu-lintas di persimpangan Gondomanan, dan dua buah pengatur lokal yang mewakili pengatur di Kantor Pos dan Bintaran. Setiap pengatur lalu-lintas mempunyai basis data yang berisi jadwal pewaktuan isyarat lalu-lintas yang akan digunakan untuk pengaturan lalu-lintas. Pengatur master juga melakukan koordinasi atas kerja kedua pengatur lokal dengan cara mengirim data sinkronisasi secara nirkabel. Ketiga pengatur lalu-lintas telah dapat mengatur sesuai jadwal dan terkoordinasi. Prediksi pergerakan kendaraan telah dibuat menjadi diagram trayektori. Hasil analisis menunjukkan bahwa sistem ini dapat menurunkan waktu tempuh kendaraan hingga 40%.
Referensi
Askerzade IN, Mahmood M., (2010). Control the Extension Time of Traffic Light in Single Junction by Using Fuzzy Logic. International Journal of Electrical & Computer Sciences IJECS – IJENS, 10(2): p. 48-55
Federal HighWay Administration, (2008). Traffic Signal-timing Manual. Federal Highway Administration. U.S. Department of Transportation, p. 6.1-6.49.
Jatmiko W, Azurat A, Wibowo AH, Marihot H, Wicaksana M, Takagawa I, Sekiyama K, Fukuda T., (2010). Self-Organizing Urban Traffic Control Architecture with Swarm-Self Organizing Map in Jakarta: Signal Control System and Simulator, International Journal on Smart Sensing and Intelligent Systems, 3(3): p. 443-465.
Kurniawan F., (2014). Prototipe Sistem Pengatur Isyarat Lalu-Lintas Terkoordinasi untuk Simpang Empat Gondomanan dan Bintaran, Jurnal Teknologi, (7)1: hal. 64-72.
Mansur, Agus, Rilo Purnawan, Agung, Nugraha, 2005, Penentuan Durasi Lampu Lalu-lintas di Perempatan Mirota Kampus Jogjakarta yang Optimal dengan Menggunakan Software Arena 5.0, Proceeding Seminar Nasional Teknologi Simulasi dan Aplikasinya untuk Optimasi Industri, Auditorium Pasca Sarjana UGM, 1 – 2 Juni, hal. 108 – 114.
Primantari LFA., (2010). Koordinasi Pengaturan Lampu Lalu Lintas (Studi kasus: Ruas Jalan Prof. Dr. Sorharso - Adi Sucipto - A.Yani - Adi Soemarmo). Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur, 8(12): hal. 13-30.
Xie XF, Smith S, Barlow G., (2012). Schedule-Driven Coordination for Real-Time Trafï¬c Network Control. Proceedings 22nd International Conference on Automated Planning and Scheduling (ICAPS). Atibaia, Sao Paulo, Brazil, p. 323-331.
Zhu H, Fan H, Guo S., (2013). Moving Vehicle Detection and Tracking in Traffic Images based on Horizontal Edges. TELKOMNIKA Indonesian Journal of Electrical Engineering, 11(11): p. 6477-6483.
Prosiding ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang.