MERENCANAKAN SUATU KETEL UAP UNTUK KEBUTUHAN TURBIN UAP DENGAN KETENTUAN TEKANAN 50 BAR TEMPERATUR 450 C DAN DAYA TURBIN 10 MW

  • Pardomuan Muhammad Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Muhammad Abdulkadir Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Harianto Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Abstract

Ketel uap adalah salah satu pesawat konversi energi yang memanfaatkan air sebagai media penjalar energi, dimana air diubah menjadi uap dengan cara dipanaskan. Jenis ketel uap antara lain, ketel uap lorong api, ketel uap pipa – pipa api, dan ketel uap pipa – pipa air. Penentuan jenis ketel bisa diketahui dari kapasitas uap yang dihasilkan dan tekanan kerjanya.

Dalam perencanaan ini, ketel uap yang mampu menggerakkan turbin uap dengan ketentuan tekanan 50 bar, temperatur 450oC dan daya turbin uap sebesar 10 MW serta dengan kapasitas ketel uap yang diperoleh sebesar 122,468 ton/h adalah ketel uap bertekanan dan berkapasitas tinggi sehingga dipilih jenis ketel uap pipa – pipa air.

Dari hasil perhitungan diperoleh nilai – nilai berikut, besarnya energi kalor untuk mengubah air menjadi uap panas lanjut yaitu sebesar 325.933.173 kJ/h dan temperatur gas asap di dalam ruang bakar sebesar 1.588oC serta volume ruang bakarny sebesar 365,4 m3, untuk pemilihan bahan pipa menggunakan setandar ASME B31.1-2001 (American Society of Mechanical Engineers) dan untuk ukuran diameter pipa berdasarkan schedule No. 40. Ketel uap ini memiliki efisiensi sebesar 80% sehingga kerugian panas termasuk kecil.     

Kata kunci : Ketel uap, ketel uap pipa-pipa air, perpindahan  panas, uap

Published
2022-08-15
Section
Articles