STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH PENGGUNAAN BUSI IRIDIUM TERHADAP KINERJA MESIN HONDA VARIO 150 CC TAHUN 2017

  • Yohanes Joko Prasetyo Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Muhammad Abdulkadir Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Aris Warsita Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
Keywords: Iridium spark plug, Exhaust gas emission, Standard spark plug, Power, Torque.

Abstract

Sebagai komponen penting pengapian busi termasuk komponen yang berpengaruh terhadap baik buruknya pengapian dan juga efisiensi kendaraan tersebut. Kegunaan komponen busi merupakan pembakaran bahan bakar bercampur udara yang telah dikabutkan yang ada didalam ruang bakar yang dengan cara memercikan bunga api di dalam ruang bakar tersebut. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui perbandingan pemakaian busi iridium dengan busi standar terhadap performa mesin dan emisi gas buang. Penelitian kali ini, Honda Vario 150 cc tahun 2017 sebagai alat untuk pengujian perbandingan busi iridium dengan busi standar dengan cara mencari dari rpm terendah sampai rpm tertinggi. Pengujian ini menggunakan alat dynotest dan analizer gas buang. Hasil pengujian torsi maksimal busi standar 23,93 N.m pada putaran mesin 2845 rpm, dan busi iridium sebesar 19,83 N.m pada putaran mesin 2554 rpm dengan perbedaan kenaikan 17,1% untuk busi standar. Daya maksimal busi iridium 12,1 HP pada putaran mesin 4803 rpm, dan busi standar sebesar 11,9 HP dengan perbedaan kenaikan 1.65%. Laju konsumsi terendah dihasilkan pada busi iridium dengan per 100 ml mampu menempuh jarak 4,7 km. Hasil uji emisi gas buang busi iridium menghasilkan Karbonmonoksida 1,39 %volume dan Hidrokarbon 211 ppm, dikarenakan pembakaran yang sempurna sehingga ramah terhadap lingkungan.

References

Gatot Setyono dan D. Sungkono Kawano. 2014. Pengaruh Penggunaan Variasi Elektroda Busi Terhadap Performa Motor Bensin Torak 4 Langkah. Teknik Mesin. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.

Mangesa, Daud Pulo. 2009. Pengaruh Penggunaan Busi NGK Platinum C 7hvx Terhadap Unjuk Kerja Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Empat Langkah 110 CC. Teknik Mesin. Universitas Cendana. Kupang.

Muhamad, Zein. 2016. Pengaruh Penggunaan Jenis Busi Terhadap Unjuk Kerja (Performance) Motor Bensin Empat Langkah (Four Stroke). Teknik Mesin. Universitas Bandar Lampung. Lampung.

Razul Harfi, Rifki Darmawan, Andri Irawan. 2017. Analisis penggunaan busi standard an busi iridium terhadap unjuk kerja mesin pada sepeda motor empat langkah 150cc dengan system injeksi.

Sriyanto, Joko. 2018. Pengaruh Tipe Busi Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor. Pendidikan Teknik Otomotif. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Published
2022-03-31
How to Cite
Yohanes Joko Prasetyo, Abdulkadir, M., & Warsita, A. (2022). STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH PENGGUNAAN BUSI IRIDIUM TERHADAP KINERJA MESIN HONDA VARIO 150 CC TAHUN 2017. CENDEKIA MEKANIKA, 3(1), 1-9. Retrieved from //journal.itny.ac.id/index.php/cendekia/article/view/2298
Section
Articles