ANALISIS KEKUATAN TARIK DAN KEKERASAN DAUR ULANG ALUMINIUM VELG MOBIL

ANALISIS KEKUATAN TARIK DAN KEKERASAN DAUR ULANG ALUMINIUM VELG MOBIL

  • Khoirul Annam Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Anita Susiana Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Dandung Rudy Hartana Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Abstract

Pemakaian aluminium khusus pada industri otomotif terus meningkat sejak tahun 1980. Banyak komponen otomotif yang terbuat dari paduan aluminium, salah satunya adalah velg mobil. Akibat dari peningkatan penggunaan aluminium sebagai bahan dasar tersebut mengakibatkan meningkatnya jumlah velg yang tidak terpakai lagi sehingga muncul masalah baru yaitu penumpukan limbah aluminium velg bekas. Salah satu usaha untuk mengatasi hal ini dengan cara melakukan daur ulang.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh daur ulang terhadap kekuatan tarik dan kekerasan pada aluminium paduan Al-Si. Bahan yang digunakan dalam penelitian adalah velg mobil bekas yang di lebur menggunakan metode cetakan pasir dengan temperatur 701℃ yang kemudian dibentuk menjadi spesimen. Hasil penelitian uji kekerasan dengan metode vickers dan uji kekuatan tarik pada spesimen ingot hasil pengecoran ulang velg mobil mengalami penurunan  kekerasan dari 75,746 kg/mm2 menjadi 62,594 kg/mm2 . Untuk hasil pengujian kekuatan tarik dari 195,35 MPa menjadi 118,2 MPa.

References

ASM International. All Rights Reserved Aluminum-Silicon Casting Alloys: Atlas Microfractographs, (2004)

Budinski., (2001),” Engineering Materials Properties and Selection,” PHI New Delhi, pp. 517–536.

Budiyanto., (2008) Pengaruh Temperatur Penuangan Paduan Al-Si (seri 4032) Terhadap Hasil Pengecoran. Jurnal Flywheel, Volume 1, Nomor 2, Desember (2008).

Danhardjo, D, (2013), “ Analisis Sifat Mekanik Paduan Al-Si Pada Cast piston dan Forged piston” Saintech: jurnal Penelitian dan Pengkajian Sains dan Teknologi, 23(2).

Purnomo, (2004), “Pengaruh Pengecoran Ulang Terhadap Kekuatan tarik dan Ketangguhan Impak pada Paduan Aluminium 320”, Jurnal Proceedings, Komputer dan Sistem Intelijen Auditorium Universitas Gunadarma, Jakarta hal 905-911

Purwanto, Helmy, Mulyonorejo, (2010), “Pengaruh Pengecoran Ulang Terhadap Kekuatan Tarik dan Kekerasan pada alumunium Cor Dengan Cetakan Pasir”. Prosiding Seminar Nasional Unimus (2010).

J.R Davis and Associates, Aluminium and Aluminium Alloys, ASM Specialty Hand Book, Ohio: Metal Park, (1994)

Rusnoto, (2014), “Studi Sifat Mekanik Paduan Al-Si Pada Piston Bekas Dengan Penambahan Magnesium (Mg) ”.Laporan Penelitian Teknik Mesin Universitas Pancasakti Tegal.

Schumann; Metallographie. VEB Deutsche Verlag fur Grundstoffindustrie. Leipzig.(1983)

Suheni, Afira Ainur Rosidah, Hasanuddin, dan Danail Firmansyah, “Analisis Pengaruh Temperatur dan Waktu Tuang terhadap Kekerasan dan Struktur Mikro pada Pengecoran Paduan Al – Si”, Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan I.

Published
2022-03-31
How to Cite
Annam, K., Susiana, A., & Rudy Hartana, D. (2022). ANALISIS KEKUATAN TARIK DAN KEKERASAN DAUR ULANG ALUMINIUM VELG MOBIL. CENDEKIA MEKANIKA, 3(1), 65-72. Retrieved from //journal.itny.ac.id/index.php/cendekia/article/view/2866
Section
Articles