ANALISIS PERFORMA MESIN MENGGUNAKAN BAHAN BKAR PERTAMAX 92 DAN PERTAMAX 98 TERHADAP DAYA, TORSI DAN EFISIENSI PADA MOBIL MITSUBISHI XPANDER ENGINE 4A91
Abstract
Pertamax Turbo adalah produk BBM dari pengolahan minyak bumi yang dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannya di kilang minyak termasuk dalam sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui, bahan bakar pertamax turbo memiliki angka oktan tinggi yaitu 98, dan pertamax turbo memiliki rasio kompresi 12:1 dan pertamax memiliki oktan rendah yaitu 92, pertamax memiliki rasio kompresi 11:1. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan bakar pertamax turbo 98 dan pertamax 92 terhadap daya, torsi dan efisiensi mobil xpander engine 4A91. Metode penelitian yang digunakan untuk mengukur performa suatu kendaraan dapat diketahui dengan cara melakukan pengujian menggunakan alat yang bernama dynamometer dan full to full.Dari kedua pengujian masing-masing jenis bahan bakar diuji pada mesin mobil Mitsubishi xpander 1.5 efi tahun 2018 dengan menggunakan dynotest, yang terhubung dengan komputer. Pada komputer akan mencatat grafik perubahan daya dan torsi pada masing-masing jenis bahan bakar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan torsi maksimum pada bahan bakar pertamax sebesar 160,9 N.m pada putaran mesin di 4500 rpm. Sedangkan torsi tertinggi yang dihasilkan pada bahan bakar pertamax turbo sebesar 165,2 N.m pada putaran mesin 3650 rpm. Sedangkan daya maksimum yang dihasilkan oleh bahan bakar pertamax sebesar 121,7 HP pada putaran mesin 6200 rpm dan daya maksimum yang dihasilkan oleh pertamax turbo sebesar 123,1 HP pada putaran mesin 6000 rpm
References
Himawan Solikhin 2015, Torsi Dan Daya Mesin Toyota Kijang Innova Menggunakan Bahan Bakar Pertamax Plus, Program Studi Diploma 3 Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.
Farkhan 2015, Analisis Performa Mesin Menggunakan Campuran Bahan Bakar Premium Dengan Ethanol Terhadap Daya Dan Torsi Pada Toyota Kijang Innova Tipe I TR-FE.
Tommy Hadi, 2014, Kaji Eksperimental Pengaruh Penggunaan Campuran Zat Aditif Terhadap Performa Mesin Motor
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)