ANALISIS DINAMIS SISTEM KEMUDI DAN SISTEM PENGEREMAN KENDARAAN TOYOTA AVANZA TIPE G TAHUN 2011

  • Ferdion Ardiansyach Putra Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Muhammad Abdulkadir Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Harianto Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
Keywords: konversi energi, perancangan, manufaktur, pengolahan material, teknik mesin.

Abstract

Seiring dengan kemajuan zaman, kemajuan teknologi pada bidang otomotif ikut berkembang dengan pesat. Perkembangannya meliputi berbagai aspek, baik dari segi desain model, teknologi mesin, kenyamanan suspensi, keamanan dalam berkendara, dan kecanggihan teknologi lainnya yang dapat ditemui di kendaraan terbaru. Para produsen otomotif mulai berlomba – lomba untuk menambahkan fitur – fitur canggih pada mobil terbaru buatan mereka. Perumusan masalah dalam penilitian ini adalah untuk menganalisa kinerja dinamis, sistem kemudi, dan sistem pengereman pada kendaraan Toyota Avanza Type G tahun 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah menganaslisa dan membandingkan hasilnya dengan spesifikasi kendaraan. Penelitian ini mencakup analisis dinamis, sistem kemudi, dan sistem pengereman Toyota Avanza tipe G tahun 2011. Hasil dari penelitian ini mencakup daya maksimal sebesar 91,7 PS lebih kecil dari spesifikasi yang dikeluarkan pabrikan. Torsi maksimalnya sebesar 134,41 Nm lebih besar dari spesifikasi yang dikeluarkan pabrikan. Toyota Avanza tipe G tahun 2011 memerlukan waktu 24,87 s untuk mencapai kecepatan 160 km/jam. Toyota Avanza ini memiliki kemampuan menanjak maksimal di jalan dengan kemiringan 50,99° menggunakan gigi 1. Saat kendaraan berbelok dengan sudut δi melebihi dari 40° maka selisih sudut δo trapesium dengan sudut δo Ackerman semakin besar, ini akan menyebabkan kendaraan memiliki resiko roda akan slip ketika sedang berbelok karena tidak mencapai kondisi Ackerman yang seharusnya. Proporsi gaya rem bagian depan dan belakang dari Toyota Avanza tipe G tahun 2011 sebesar 0,425 N dan 0,576 N. Hal ini menunjukkan bahwa pengereman cenderung ke roda belakang yang artinya kendaraan akan cenderung understeer saat kendaraan di rem.

References

Agung. W. S. (2021). Menganalisis Kinerja Dinamis Dan Sistem Kemudi Mobil Daihatsu Ayla Tipe 1.0 MT 2017,. Institut Teknologi Nasional Yogyakarta.

Deajeng Prameswari, dan Yohanes. (2019). Analisa Sistem Pengereman pada Mobil Multiguna Pedesaan. Jurnal Teknik ITS Vol. 8, No. 1, Institut Teknologi Sepuluh November.

Fakhri. H. N. (2016). Analisa Dan Studi Eksperimen Peforma Toyota Agya Yang Menggunakan Transmisi Manual Dengan Toyota Agya Yang Menggunakan Transmisi Otomatis, PhD Thesis. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Reza N. Jazar (2008). Vehicle Dynamics Theory and Application. Springer Science+Business Media. New York.

Suminto. (2009). Analisis Kecepatan Kendaraan Mobil Colt L00 Solar Saat Menanajak 30° Dengan Beban Penuh Trayek Pekanbaru - Pasir Pengaraian, Jurnal Aptek, Politeknik Negeri Sriwijaya

Published
2022-09-30
How to Cite
Ardiansyach Putra, F., Abdulkadir, M., & Harianto. (2022). ANALISIS DINAMIS SISTEM KEMUDI DAN SISTEM PENGEREMAN KENDARAAN TOYOTA AVANZA TIPE G TAHUN 2011. CENDEKIA MEKANIKA, 3(2), 138-148. Retrieved from //journal.itny.ac.id/index.php/cendekia/article/view/3397