STUDI PENGARUH ARUS PENGELASAN TERHADAP SIFAT FISIS DAN SIFAT MEKANIS SAMBUNGAN SMAW PADA BAJA KARBON RENDAH

  • Muhamad Setiawan Institit Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Wartono Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Dandung Rudy Hartana Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
Keywords: Arus pengelasan, SMAW, baja karbon rendah, uji Kekerasan vickers, Uji tarik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh Arus pengelasan sambungan butt joint las SMAW terhadap struktur mikro, kekuatan tarik dan kekerasan vickers. Penelitian ini menggunakan strip plat baja karbon rendah berukuran 300 mm  100 mm  6 mm yang diberi kampuh “V” dengan sudut 70 menggunakan elektroda RD E6013 dan dilas menggunakan pengelasan Shielded Metal Arc Welding (SMAW), dengan diameter elektroda 2,6 mm dengan arus 90 A pada layer pertama dan 3,2 mm dengan variasi arus 90 A, 100 A, dan 110 A pada layer kedua. Pengujian yang dilakukan uji komposisi, uji struktur mikro, uji Kekerasan vickers dan kekuatan tarik.Hasil pengujian struktur mikro struktur yang terbentuk adalah GBF (Grain Boundary Ferrite), WF (Widmanstatten Ferrite), dan AF (Acicular Ferrite). Hasil pengujian kekerasan tertinggi terjadi pada arus pengelasan 110 A dengan nilai kekerasanya 187,3 kg/mm², untuk kekerasan terendah terjadi pada arus 100 A dengan niai kekerasan 180,6 kg/mm². Nilai kekuatan tarik tertinggi yaitu pada arus pengelasan 110 A dengan nilai kekuatan tarik 527,14 MPa, dan kekuatan tarik terendah yaitu pada arus pengelasan 100 A dengan niai kekuatan tarik 514,41 MPa.

References

Wiryosumarto, Harsono, and Toshie Okumura. 2000. Teknologi Pengelasan Logam. jakarta.

Adi Nugroho, Eko Setiawan, 2018, Pengaruh variasi arus pengelasan terhadap kekuatan Tarik dan kekerasan plate carbon stile ASTM36, Program Studi Teknik Industri Universitas Putera Batam.

Anjis Ahmat Soleh, Helmy Porwanto, Imam Syafa’at, 2016, Analisa terhadap kuat arus terhadap struktur mikro, kekerasan, kekuatan Tarik pada baja karbon rendah dengan las SMAW menggunakan jenis elektroda E7016, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim.

Nitha., (2019) Pengaruh arus pengelasan terhadap kekerasan, kekuatan tarik, dan struktur mikro hasil las SMAW, Teknik Mesin, Universitas Kristen Indonesia Toraja, Sulawesi Selatan.

Published
2023-09-20
How to Cite
Setiawan, M., Wartono, & Rudy Hartana, D. (2023). STUDI PENGARUH ARUS PENGELASAN TERHADAP SIFAT FISIS DAN SIFAT MEKANIS SAMBUNGAN SMAW PADA BAJA KARBON RENDAH. CENDEKIA MEKANIKA, 4(2), 102-113. Retrieved from //journal.itny.ac.id/index.php/cendekia/article/view/4023