MITIGASI RESIKO KERUSAKAN PADA SISTEM HIDROLIK DUMP TRUCK

  • Shinta Nur Hasanah Samole Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Yohanes Agus Jayatun Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Sutrisna Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
Keywords: Dump Truck, Sistem Hidrolik, FMEA, RPN, Mitigasi.

Abstract

Dump Truck memiliki beberapa sistem penting salah satunya sistem hidrolik untuk mengangkat dan menurunkan dump. Kerusakan pada sistem hidrolik dapat terjadi pada beberapa komponen utama seperti Tangki Hidrolik, Filter, Motor Penggerak, External Gear Pump, Selang Hidrolik, Pressure Relief Valve, yang dapat diakibatkan oleh kontaminasi dalam sistem serta berbagai faktor lainnya. Tujuan pada mitigasi ini yaitu bagaimana cara menurunkan angka resiko pada kegagalan sistem hidrolik Dump Truck. Metode yang akan digunakan untuk menurunkan angka resiko kerusakan yaitu metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA).  Hasil mitigasi menunjukkan bahwa komponen dengan RPN tertinggi 280 adalah Silinder Hidrolik yang mengalami kebocoran pada rod seal karena fluida yang terkontaminasi. Tindakan mitigasi atau sulan perbaikan yang diberikan meliputi pengaturan jadwal pengambilan sample oil menjadi lebih kerap dilakukan, memeriksa kualitas fluida yang digunakan sebelum menambahkannya ke sistem, pemeliharaan fluida yang tepat serta menjaga kebersihan rod. Dengan menerapkan usulan perbaikan ini diharapkan sebelum terjadinya corrective maintenance yang menyebabkan ketersediaan unit berkurang, maka sebisa mungkin harus dicegah dengan memaksimalkan kegiatan preventive maintenance agar tingkat keparahan dari kegagalan maupun kemunculan kerusakan pada komponen, sistem, atau unit itu sendiri dapat diminimalisir dan diketahui sedini mungkin serta diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan keandalan sistem hidrolik dump truck.

References

Press.

Alrazzak, F. dkk., 2021. Perawatan Dan Perbaikan Sistem Hidrolik pada Dumping Dump Truck Mitsubishi Fuso 190Ps, Vol. 3 No. 1.

Azhari, M.C. dan Sopian, M., 2020. ANALISA DISPLACEMENT POMPA RODA GIGI LUAR PADA UNIT SISTEM HIDROLIK FORKLIFT, Vol.15 No.2, pp. 75–83.

Huzij, R., et al., 2013. MODERN DIESEL TECHNOLOGY: HEAVY EQUIPMENT SYSTEMS 2ND EDITION. 2nd edn. New York, USA: Delmar, Cengage Learning.

Indonesia, B., 2021. Mengenal Dump Truck, Tulang Punggung Konstruksi & Tambang. Available at: https://www.builder.id/mengenal-dump-truck-tulang-punggung-konstruksi-tambang/1 (Accessed: December 13, 2022).

McDermott, R.E., et al., 2008. The Basics of FMEA 2nd Edition. 2nd edn. -, U.S.: Taylor & Francis Group.

Milenia, A., 2019. Memahami Komponen dan Cara Kerja Hydraulic System. Available at: https://annajahmilenia.blogspot.com/2019/10/memahami-komponen-cara-kerja-hydraulic.html (Accessed: December 26, 2022).

Rahma, 2015. Pengertian Dump Truck Jenis dan Bagian-Bagiannya. Available at: https://alat-berat07.blogspot.com/2015/09/pengertian-dump-truk-jenis-dan-bagian.html (Accessed: December 8, 2022).

Unwin Hydraulic Engineering Ltd., 2018. Formula to Calculate Gear Pump Displacement. Available at: www.unwinhydraulic.co.uk (Accessed: January 12, 2023).

Wardana, A. (ed.) 2014. Pengenalan Alat Berat : 5. Dump Truck. Available at: http://visionlink-blog.blogspot.com/2014/10/pengenalan-alat-berat-5dump-truck.html (Accessed: December 13, 2022).

Wijarnoko, S.E., dkk., 2020. ANALISIS FMEA PADA UNIT DUMP TRUCK CAT 777E (STUDI KASUS DEPARTEMEN MAINTENANCE DI PT. XYZ), Volume 1 Nomor 2, pp. 11–20.

YH, V.S. 2017. Unjuk Kerja dan Pemeliharaan Gear Pump pada Unit Excavator 220 LC, Vol. 5 No. 1, pp. 55–66.

Prasetiyo, A. B., Utomo, P., dan Saputro, A. S., 2023. Analisis Kegagalan pada Bearing Block Clinker Cooler PT Semen Baturaja Pabrik 2 menggunakan Failure Mode and Effect Analysis Method (FMEA)., Jurnal Mesin Nusantara, Vol. 6 No. 1., pp 47-52.

Published
2023-09-20
How to Cite
Samole, S. N. H., Yohanes Agus Jayatun, & Sutrisna. (2023). MITIGASI RESIKO KERUSAKAN PADA SISTEM HIDROLIK DUMP TRUCK. CENDEKIA MEKANIKA, 4(2), 114-120. Retrieved from //journal.itny.ac.id/index.php/cendekia/article/view/4134