Analisis Kinerja Dinamis Kendaraan Daihatsu Xenia 1.3 2010
Abstract
Analisis kinerja dinamis yaitu suatu analisis untuk mengetahui atau menghitung perkiraan dari sebuah kendaraan dengan melakukan pengujian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atau menghitung perkiraan dari sebuah kendaraan dengan pengujian yaitu meliputi : System Pengereman, system kemudi, serta menghitung rasio roda gigi untuk kekuatan menanjak pada sudut tanjakan tertentu. Penelitian ini menujukan bahwa ada perbedaan dari hasil pengujian dengan spesifikasi kendaraan sesuai dengan Manual Book terutama pada Torsi dan Daya mesin yang di uji sebesar 134 Nm lebih besar dari spesfikasi kendaraan yaitu sebesar 120 Nm dan untuk Daya mesin sebesar 91 Ps atau 66 kW lebih kecil dari spesifikasi kendaraan sebesar 92 Ps atau 67 Kw. Dengan torsi 134 Nm maka di dapat kemampuan menanjak pada kemiringan sudut tanjakan sebesar 50,99° pada kecepatan 21.6 km/jam di gigi 1. Maka untuk daya 91 ps di dapat kecepatan 160 km/jam di gigi 5 dengan beban driver penguji 62 kg membutuhkan waktu 24.87s di jalan datar dan lurus. Dengan hasil proporsi gaya rem bagian depan dan belakang masing-masing sebesar 0.425 N dan 0.576 N. Dan hasil jarak pengereman sebesar 30 km/jam di 3.64 m lebih kecil dari spesfikasi kendaraan di jarak 4.06 m.
References
Arifin Ahmad, 2010. Analisa Gaya pada Rem Tromol (Drum Brake) Untuk Kendaraan Roda Empat. Universitas Guna Darma Indonesia. Jakarta
Bagus Setya Raharja, Sufiyanto, I Made Sunada (2018), TRANSMISI, Vol-14 Edisi-2/ Hal. 299-305. ANALISA KEAUSAN RODA GIGI LURUS SECARA MIKROSKOPIK
Jazar, R.N. 2013. Vehicle Dynamics: Theory and Applications. New York: Springer. Kartono. (2012)
Gillespie, Thomas D. 1994. Fundamentals of Vehicle Dynamics. 400 Commonwealth Drive Warrendale.Society of Automotive Engineer
Copyright (c) 2024 Saptono Aji, Muhammad Abdulkadir, Dandung Rudy Hartana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)