Analisis Tingkat Keausan Pada Ban Dump Truck Hino Dutro 136 HDX di CV. Sari Mulia

  • M. Nasta'in Huda Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Sutrisna Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Eka Yawara Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
Keywords: BAN, KPI, TUR, Lifetime

Abstract

Ban merupakan material yang menutupi velg dan berfungsi sebagai bantalan kendaraan yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, serta untuk meredam, memperlembut kejutan dari permukaan jalan dan kenyamanan berkendara. Oleh karena itu ban mempunyai peran yang penting, dalam mengevaluasi kinerja ban dump truck indikator utama disebut KPI (key performance indicator) dari ban. Diantaranya Tread Utilization Rate (TUR), (lifetime) umur pakai ban. Nilai TUR tertinggi untuk semua posisi ban masih dibawah standar yang diberikan sebesar 85%. Namun pada ban posisi 3 dan 4 memiliki  nilai TUR yang lebih tinggi dibandingkan dengan posisi lain. Dari nilai laju keausan ban untuk semua posisi ban cenderung mengalami kenaikan secara signfikan. Untuk nilai aktual lifetime ban yang pada ban 1 dan 2 serta posisi ban 5 dan 6. Masih dibawah target lifetime ban yang di targetkan sebesar 1096 jam. Sedangkan pada posisi ban 3 dan 4 sudah melebihi target yang ditentukan, kalau dilihat dari nilai TUR untuk posisi ban 3 dan 4 masih bisa digunakan, walaupun sudah melebihi target lifetime ban. karena batas keamanan keausan ban sebesar 1,6mm. Kerusakan yang terjadi pada ban antara lain Sidewall Cut, Irregular Wear, Cut Separation, dan Tread Chipping.

References

[1] Handokoe, S., & Santoso, I. B. (2018). Optimasi Penyewaan Dump Truck Pada Proyek X Di Wilayah Jakarta Dengan Metode Linear Programming. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 1(1), 72. https://doi.org/10.24912/jmts.v1i1.2244.
[2] Urfiandi, A. (2018). Analisis Tingkat Keausan TerhadapPemakaian Ban Merek A, B Dan CMenggunakan Ban Standar 90/90-1446 P. Surya Teknika, 8(1), 282–288.
[3] Lesmana Putra, I., & Yulhendra, D. (2021). Evaluasi Kinerja Ban Hd 785-7 Dan 777 Pada Jalan Angkut Tambang Dari Front 2 Ke Crusher Iii a Dan Iii B Penambangan Batu Kapur Pt. Semen Padang. Jurnal Bina Tambang, 6(1), 239–250.
[4] Anshori, M. R., Mursadin, A., & Siswanto, R. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kerusakan Ban Pada Unit Dump Truck Di Pt X. Scientific Journal of Mechanical Engineering Kinematika, 3(2), 107–118.
[5] Ekwan Raharja. (2021). Penggunaan Ban Ganda Untuk Truk Dan Bus. https://www.medcom.id/otomotif/tips-otomotif/GNlgyZBK-penggunaan-ban-ganda-untuk-truk-dan-bus-ini-harus-diperhatikan.
[6] Kurnia, M. J. D., Guntoro, D., & Zaenal. (2018). Evaluasi Kinerja Ban Dump Truck pada Kegiatan Penambangan Batu Andesit ( Studi Kasus PT Desira Guna Utama , Desa Argapura , Kecamatan Cigudeg , Kabupaten Bogor , Provinsi Jawa Barat ), 124–131.
 
Published
2024-03-20
How to Cite
M. Nasta’in Huda, Sutrisna, & Eka Yawara. (2024). Analisis Tingkat Keausan Pada Ban Dump Truck Hino Dutro 136 HDX di CV. Sari Mulia. CENDEKIA MEKANIKA, 5(1), 39-47. Retrieved from //journal.itny.ac.id/index.php/cendekia/article/view/4812
Section
Articles