Analisis Keausan Dan Umur Ban Dump Truck Hino Dutro 500 Fg 260 Ju Di PT. AMNK

  • Andre Christian Incau Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Dandung Rudy Hartana Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Sutrisna Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
Keywords: Ban, KPI, TUR, Lifetime.

Abstract

Ban adalah material yang menutupi velg dan berfungsi untuk menyediakan bantalan kendaraan yang bersentuhan dengan permukaan jalan. Ban meupakan wadah yang berisi udara yang berfungsi menopang beban dari muatan kendaraan dan barang yang ada di kendaraan tersebut, dan juga untuk meredam, memperlembut kejutan dari permukaan jalan serta kenyamanan berkendara dari nilai aktual treand utilization rate (TUR) yang di dapat pada posisi ban 1 sebesar 58,6% posisi ban 2 sebesar 59,2% posisi ban 3 sebesar 76,9% posisi ban 4 sebesar 76,6% posisi ban 5 sebesar 57,9% posisi ban 6 sebesar 58,6% posisi ban 7 sebesar 66,2% posisi ban 8 sebesar 63,4% posisi ban 9 sebesar 64,5% dan posisi ban 10 sebesar 63,3%. Sedangkan untuk standar TUR nya adalah 85% sehingga dari semua posisi ban tersebut presentase trand utilization rate (TUR) masih dibawah standar yang di berikan Tread utilization rate (TUR) pada ban yang diteliti memiliki beragam kondisi. Pada ban posisi 3 dan 4 memiliki peresentase TUR yang lebih besar dibandingkan dengan posisi lain. Dikarenakan pada posisi ban tersebut terletak pada bagian belakang, jadi beban yang diterima ban pada posisi ini merupakan tumpuan terbanyak. Dari nilai laju keausan ban pada semua posisi ban cendrung mengalami kenaikan, disebabkan oleh beberapa kondisi seperti tekanan angin ukuran ban kondisi jalan dan beban muatan. Dari nilai aktual lifetime ban yang didapat pada posisi ban 1dan 2 sebesar 1008 jam posisi ban 3 dan 4 sebesar 1136 jam, posisi ban 5 dan 6 sebesar 728 jam, posisi ban 7 dan 8 sebesar 826 jam, dan posisi ban 9 dan 10 sebesar 966 jam, sedangkan target lifetime ban yang di targetkan sebesar 1096 jam, dapat disimpulkan bahwa posisi ban 3 dan 4 hampir mencapai target yang ditentukan dari nilai aktual lifetime ban dan nilai TUR untuk posisi ban 3 dan 4 masih bisah digunakan.

 

References

Almanaf. (2015) Analisis cacat dan kegagalan Produk pada Vulkanisir Ban Sistem Dingin. 1-24.
2. Anshori, M, R., Mursadin, A., & Siswanto, R. (2018). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempergaruhi Kerusakan Ban Pada Unit Dump Truck Di Pt. X. Scientific Journal of Mechanical Engineering Kinematika, 3(2), 107-118.
3. Dedy Krisbianto, & Silalahi, A. H. (2023).Analisis Ketahanan Umur Pemakaian Ban Pada Mobil Penumpang Jenis Sedantipe F30 Dengan mesin Berkapasitas 1998Cc . kalpika, 19 (1).
4. Handokoe, S., & Santoso, I. B. (2018). Optimasi Penyewaan Dump Truck pada Proyek X Di Wilayah Jakarta Dengan Metode Linier Programming. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 1(1),72.
5. Kurnia, M. D., Guntoro, D ., & Zaenal. (2018). Evaluasi Kinerja Ban Dump Truck pada kegiatan Penambangan Batu Andesit ( Studi Kasus PT Desira Guna Utama, Desa Agapura , Kecamatan Cigudeng , Kebupaten Bogor , Propensi Jawa Barat ). Teknik Petambangan, 124-131.
6. Lasmana Putra, I., & Yulhendera, D. (2021). Evaluasi Ban Hd 785-7 Dan 777 Pada Jalan Angkut Tambang Dari Front 2 Ke Crusher Iii B Pertambangan Batu Kapur PT.Semen Padang. Jurnal Bina Tambang, 6(1). 239-250.
7. Puspitasari .I., (2020). Analisis Performance Ban Pada Unit Produksi Overburden Hd-785 Terhadap Produktipitas Tambang Batubara. Kurvatek, 591), 69-79.
8. Urfiandi, A. (2018). Analisis Tingkat Keausan Terhadap Pemakaian Ban Merek A, B Dan Menggunakan Ban Standar 90/90-1446 P. Surya Teknika, 8(1), 282-288
9. Yudianto, A. H. P., Zaenal, Z ., & Sriyanti, S. (2020). Evaluasi Peporma Ban Dump Truck Pada Penggangkutan Penambangan Batu Andesit. Prosiding Teknik Pertambangan, 6(2), 435-442.
Published
2024-09-20
How to Cite
Christian Incau, A., Rudy Hartana, D., & Sutrisna. (2024). Analisis Keausan Dan Umur Ban Dump Truck Hino Dutro 500 Fg 260 Ju Di PT. AMNK. CENDEKIA MEKANIKA, 5(2), 142-150. Retrieved from //journal.itny.ac.id/index.php/cendekia/article/view/5262