KARAKTERISTIK POMPA REGENERATIF DENGAN KONFIGURASI SERI DAN PARAREL

  • Wikan Anshori
  • Daru Sugati
  • M. Abdulkadir

Abstract

ABSTRAK

Pompa regeneratif merupakan pompa yang paling banyak dipasarkan akan tetapi dalam hal penelitian tentang karakteristik pompa itu sendiri masih kurang. Dalam hal ini penulis akan merancang dan menguji instalasi jalur pipa pada pompa regeneratif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik, hubungan esfisiensi dengan daya hidrolik pompa regeneratif.

Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Adapun data yang diambil dengan melakukan percobaan 3 kali setiap data. Data yang teruji akan dianalisa dengan metode penelitian perkembangan. Daftar pustaka yang dipakai Pompa dan kompresor Sularso

Bedasarkan perhitungan yang didapat dapat diambil kesimpulan Semakin tinggi head maka debitnya semakin rendah dan sebaliknya. Karakteristik pompa 1 , 2 dan seri debit maksimalnya hampir sama, sedangkan untuk debit pompa terkonfigurasi pararel debit maksimalnya 1.5 kali lebih tinggi dibanding pompa seri  dan untuk head maksimal pompa 1, 2 dan terkonfigurasi pararel data yang terbaca hampir sama, sedangkan untuk pompa terkonfigurasi seri head maksimalnya lebih tinggi.  

Published
2020-09-01
Section
Articles