PENGARUH WAKTU PENAHANAN PROSES NORMALIZING PASCA LAS TERHADAP SIFAT MEKANIS LAS SMAW PADA BAJA KARBON RENDAH

  • nurul shabrina ayuni Teknik Mesin Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNAS) Yogyakarta
  • Wartono
  • Daru Sugati

Abstract

Pengelasan  adalah  proses  penyambungan  logam  menggunakan  energi  panas.  Akibatnya sambungan las mengalami siklus termal cepat sehingga terjadi perubahan metalurgi, deformasi dan tegangan sisa. Hal ini erat kaitannya dengan ketangguhan, cacat las, retak dan sebagainya yang  berpengaruh  fatal  terhadap  keamanan  konstruksi  las.  Tujuan  penelitian  ini untuk mengidentifikasi pola struktur mikro, kekerasan dan kekuatan tarik sambungan las sebelum dan sesudah proses normalizing untuk dianalisa dan dibandingkan. Sehingga dapat diketahui pengaruh normalizing  terhadap  karakteristik  dan  sifat  mekanik  daerah  pengelasan  dan  holdingtime normalizing yang efektif.

Metodologi yang dipakai adalah uji laboratorium terhadap sambungan las Shield Metal Arc Welding (SMAW) plat baja karbon dengan tebal 6 mm dan elektroda E 6013. Pengelasan menggunakan jenis sambungan butt-joint kampuh I dengan pengelasan 2 layer 2 muka, arus 90 A. Temperatur normalizing 8500C dengan holding time 40, 70 dan 100 menit. Pengujian yang dilakukan adalah kandungan komposisi kimia, struktur mikro, kekerasan dan kekuatan tarik.

Hasil uji komposisi kimia menunjukkan baja karbon yang digunakan merupakan klasifikasi baja karbon rendah dengan kadar karbon (C) 0,1659% untuk raw material. Struktur mikro yang terbentuk di daerah las didominasi oleh acicular ferrite merata disemua daerah las sebelum dilakukan proses normalizing. Hasil uji kekerasan Vickers untuk weld metal nilai kekerasan tertinggi pada spesimen raw material (tanpa perlakuan panas) dengan nilai kekerasan 179,1 kg/mm2 sedangkan nilai kekerasan terendah pada spesimen holding time 100 menit dengan nilai kekerasan 153,53 kg/mm2. Hasil pengujian tarik menunjukkan nilai tegangan tarik tertinggi yaitu pada spesimen raw material (tanpa perlakuan panas) yaitu sebesar 340,27 MPa dan tegangan tarik terendah yaitu pada spesimen holding time 100 menit yaitu sebesar 321,825 MPa.

Kata kunci : SMAW, Baja Karbon, Normalizing, Holding Time, Struktur Mikro, Sifat Mekanis

Published
2020-09-01
Section
Articles