ANALISIS PENGARUH RAMBU BATAS KECEPATAN TERHADAP TINGKAT KECEPATAN KENDARAAN
Abstract
Abstrak
Rambu lalulintas adalah salah satu instrument penting jalan guna menciptakan kelancaran dan keselamatan lalulintas. Rambu batas kecepatan merupakan rambu larangan untuk membatasi kecepatan maksimum berkendara di jalan raya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh rambu batas kecepatan terhadap tingkat kecepatan kendaraan serta untuk mengetahui persentase pelanggaran yang terjadi di ruas jalan yang diteliti.
Penelitian ini dilakukan di dua lokasi yaitu pada ruas jalan Solo Km.9 dan Km.14 Yogyakarta dengan panjang segmen pengamatan sepanjang 150 meter, yaitu 20 meter sebelum rambu dan 1300 setelah rambu batas kecepatan yang dilakukan pada pagi hari (06.30 – 08.00), normal (09.00 – 10.00) siang (12.30 – 14.00), dan sore hari (16.30 – 18.00). Pengambilan sampel kendaraan dilakukan setiap 1 menit dan diambil 3 jenis kendaraan sesuai dengan klasifikasi kendaraan yaitu sepeda motor (SM), kendaraan ringan (KR) dan kendaraan berat (KB). Data yang diambil dalam penelitian ini adalah kecepatan setempat (spot speed) dan traffic counting.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa reaksi kecepatan kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut tidak mengalami perubahan yang signifikan dan tingkat kecepatan kendaraan lebih besar dari pada rambu batas kecepatan yang ada. Pelanggaran paling banyak dilakukan pada lokasi Jalan Solo Km.9,5: Hari Senin, 11 November 2019 oleh (SM) sebanyak 96,67% dengan kecepatan rata-rata 55,196 km/jam. Sedangkan pelanggaran paling banyak dilakukan pada lokasi Jalan Solo Km.14 di Hari Senin, 18 November 2019 (SM) 52,06% dengan kecepatan 74,837 Km/jam
Kata kunci : Rambu, kecepatan, kendaraan.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)