ANALISIS PERBANDINGAN UPAH KERJA HARIAN DENGAN BORONGAN PEKERJAAN STRUKTUR PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG LABORATORIUM MAN 1 YOGYAKARTA

  • Syamsuri ITNY
  • Triwuryanto
  • Sely Novita Sari

Abstract

ABSTRAK

 

Dalam pelaksanaan proyek kontruksi keberhasilan sangat ditentukan oleh waktu penyelesaian pekerjaan. Penyelesaian proyek kontruksi dipengaruhi oleh produktivitas kerja, banyak faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja diantaranya adalah faktor pendidikan, faktor pengalaman kerja, faktor umur dan faktor upah. Peneltian ini difokuskan pada analisis perbandingan upah harian dengan upah borongan pada bangunan strukktur proyek kontruksi Pembangunan Gedung Laboratorium MAN 1 Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar perbandingan antara upah harian dengan upah borongan pada bangunan struktur proyek kontruksi.

Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah pengamatan langsung dilapangan. Penelitian melakukan wawancara secara langsung kepada kontraktor, mandor dan tukang bangunan yang dipilih secara acak yang berada diproyek kontruksi Pembangunan Gedung Laboratorium MAN 1 Yogyakarta tersebut. Menganalisis data menggunakan bantuan komputer dan perhitungan manual.

 

Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka didapatkan perbandingan antara upah harian dengan upah borongan pada proyek kontruksi Pembangunan Gedung Laboratorium MAN 1 Yogyakarta adalah sebesar Rp 45.239.876, sedangkan upah hariannya adalah sebesar Rp 60.717.000, dan upah borongannya adalah sebesar Rp 10.405.514.

 

 

Kata kunci : Proyek Kontruksi, Upah, Produktivitas.

Published
2020-07-19
Section
Articles