ANALISIS RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) RUMAH TIPE 86 DI SEMARANG JAWA TENGAH

  • Rizal Pahlevi ITNY
  • Triwuryanto
  • Sely Novita Sari

Abstract

Pada era globalisasi ini, laju pertumbuhan penduduk sangat pesat, sehingga kebutuhan akan unit rumah yang berkualitas dan ekonomis juga semakin meningkat. Dalam rangka membuat hunian yang nyaman dan terjangkau, terdapat beberapa tipe rumah. Contoh tipe rumah yang dapat dijadikan sebagai hunian yang nyaman dan cukup ekonomis yaitu rumah tipe 86. Sebagai langkah awal dalam membuat hunian, Perencanaan Anggaran biaya sangat penting, karena Satuan Harga Barang dan Jasa (SHBJ) suatu daerah berbeda. Oleh karena itu, Rencana Anggaran Biaya untuk wilayah Yogyakarta akan berbeda dengan wilayah Kota Semarang. Dengan adanya masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghitung berapa besarnya Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk rumah tipe 86 di kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah.
Data yang akan diteliti adalah rumah tipe 86 di Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah. Dalam penelitian ini, digunakan metode analisis perhitungan RAB. Metode analisis perhitungan RAB adalah metode yang diawali dengan mempersiapkan daftar harga bangunan, mempersiapkan daftar harga satuan upah, menghitung volume dari setiap jenis pekerjaan, menganalisa harga satuan dari setiap jenis pekerjaan, dan diakhiri dengan membuat rekapitulasi dari setiap harga jenis pekerjaan. Dalam penelitian ini, digunakan beberapa data antara lain: Gambar Rencana, Satuan Harga Barang dan Jasa (SHBJ) dan Pedoman Analisa Harga Satuan. Setelah data tersebut terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan metode RAB. Perhitungan rencana anggaran biaya tersebut, dihitung menggunakan bantuan software Microsoft Excel.
Berdasarkan hasil analisa dan perhitungan yang telah dilakukan, maka diperoleh biaya yang dibutuhkan untuk membangun bangunan rumah lantai satu, tipe 86 di Kota Semarang, adalah senilai Rp. 381.781.487,96


Kata kunci: Anggaran, Biaya, Rumah.

Published
2020-07-19
Section
Articles