ANALISIS DAMPAK KEBERADAAN JALAN TOL TRANS JAWA DI AREA PEMALANG-BATANG

  • Triadhi Hidayat Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Ircham
  • Veronica Diana Anis Anggorowati

Abstract

Abstrak

Jalan Tol merupakan alternatif untuk mempercepat sarana transportasi, menunjang pertumbuhan dan percepatan proses ekonomi yang kerap terhambat karena kendala transportasi, dan mengurangi kemacetan. Jalan Tol Trans Jawa adalah jaringan jalan tol yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa, Kota Jakarta dan Surabaya. Tol merupakan singkatan dari Tax On Location, yang berarti pengendara yang menggunakan jalan tertentu dikenakan pajak ditempat saat melewatinya.  Sehubungan dengan hal tersebut Kabupaten Pekalongan terkena dampak adanya Jalan Tol Trans Jawa, maka penulis melakukan analisis dampak keberadaan Jalan Tol Trans Jawa terhadap kondisi lingkungan, ekonomi, sosial dan budaya.

Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Pekalongan tepatnya di Kecamatan Sragi, Kecamatan Bojong, dan Kecamatan Kedungwuni dengan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada masyarakat sekitar.

Dari hasil analisis yang dicapai, pengaruh adanya Jalan Tol terhadap kondisi lingkungan dampaknya polusi suara meningkat karena kendaraan yang melewati Jalan Tol dan berkurangnya lahan pertanian. Dampak ekonomi lebih pada akses pengiriman barang yang semakin mudah, namun bagi toko-toko setempat pendapatannya menurun hingga hampir 50% dan meningkatnya harga jual tanah yang mencapai hampir dua kali lipat dari sebelumnya. Sedangkan dampak sosial dan budaya adalah mempersingkat jarak tempuh ke luar kota dan mempermudah akses transportasi antar kota.

 

Kata Kunci: Jalan, Lingkungan, Ekonomi, Sosial, Budaya.

Published
2020-07-19
Section
Articles